Berani Berwirausaha Dengan Modal Kecil

Mengambil keputusan untuk menjadi seorang wirausahawan tetap ataupun paruh waktu memang membutuhkan pemikiran yang benar- benar matang. Banyak hal yang harus anda persiapkan mulai dari penyusunan modal, produksi barang, mencari vendor yang tepat sampai pemasaran produk atau jasa yang anda miliki.

Namun bagaimana jika anda belum memiliki pilihan bisnis untuk digeluti? Atau anda sudah memilikinya namun belum ada upaya- upaya untuk merealisasikan? Pastinya anda pernah memikirkan suatu bisnis namun terbentur akan kemampuan menyediakan modal. Sedangkan modal adalah step pertama untuk membangun suatu bisnis karena semua kerangka pembangunan bisnis seperti produksi barang, biaya pemasaran sampai pembayaran pekerja bertumpu pada berapa modal yang anda punya.

Berwirausaha memang membutuhkan keberanian untuk menentukan berapa modal yang bisa anda investasikan kepada diri anda sendiri. tetapi jika keadaan berkata lain, sudahkah anda siap dengan cadangan rencana yang lain? Jangan sampai masalah keuangan membuat anda membatalkan rencana untuk membuat usaha. Jika suatu rencana tidak berjalan bukan berarti rencana lain akan tertutup bukan? Berikut ini kami sebutkan beberapa ide usaha yang bisa anda lakukan saat belum memiliki modal besar.

  1. Bisnis online

  2. ol-business
    Sudah menjadi pilihan banyak orang, bisnis online saat ini kian menjamur. Banyak yang mulai membidik usaha online dengan banyak spesifikasi mulai dari produk makanan ringan, pakaian sampai alat rumah tangga. Produknya pun datang dari dalam dan juga luar negeri. Target pasar yang luas membuat banyak pelaku usaha online ini mengaku meraup untung sampai ratusan juta hanya dengan melayani konsumen via internet.

    Anda tidak perlu membayar sewa ruangan untuk memasarkan barang, juga tidak terbebani dengan gaji karyawan. Semua segi penjualan sampai pelayanan konsumen bisa anda tangani sendiri. Terkecuali jika anda menjadikan bisnis online sebagai usaha sampingan, tentunya anda akan membutuhkan pegawai untuk memaksimalkan usaha anda dan pastikan untuk menyediakan contact person yang sesuai untuk memudahkan para konsumen untuk menghubungi anda. bagaimanapun juga akses komunikasi dengan konsumen anda akan meningkatkan kualitas pelayanan dari usaha online anda.

  3. Joint Venture

  4. joint-venture
    Cara lain untuk menciptakan bisnis dengan modal terbatas adalah mengajak rekan- rekan anda untuk turut serta. Bagaimana cara kerjanya? Setelah anda mengetahui bisnis apakah yang akan anda bangun, carilah orang- orang potensial yang bisa ikut berpartisipasi mendirikan bisnis anda. ketika semua sudah siap anda bisa mulai mengumpulkan modal bersama untuk kemudian menyiapkan perjanjian usaha beserta kontrak untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

    Bagaimanapun juga dalam dunia bisnis anda tidak boleh mempercayai siapapun, lakukan semua hal yang bisa mencegah terjadinya penipuan. Dalam sistem ini, beberapa orang akan ikut mendirikan serta mengoperasikan bisnis yang ada. Sejumlah profit yang telah disetujui juga akan dibagi sesuai dengan perjanjian yang telah cetak. Keuntungan dalam bentuk bisnis ini adalah segala untung dan rugi dalam bisnis akan ditanggung bersama- sama.

  5. Buka bisnis rumahan

  6. usaha-rumahan
    Yang terakhir adalah bisnis rumahan. Kira- kira apakah istimewanya? Bisnis rumahan memiliki banyak peluang yang bisa anda ciptakan. Seperti misalnya jika anda memiliki suatu keahlian untuk mengajar anak- anak sekolah dasar, buka saja tempat les untuk anak- anak kecil. Tentunya akan sangat menyenangkan bukan, anda bisa melakukan suatu usaha sesuai dengan passion dan juga keterampilan.

    Bisnis lainnya yang bisa anda lakukan dirumah adalah pembuatan jajanan pasar ataupun makanan ringan. Anda hanya membutuhkan alat memasak juga bahan- bahan yang dibutuhkan, setelah itu anda bisa menjualnya dirumah anda. cukup mudah bukan? Silakan mencoba!

Bagaimana cukup menarik bukan ide- ide usaha dengan modal yang kecil diatas. Anda hanya perlu menyiapkan modal yang tidak seberapa dan mulailah membangun bisnis anda.

Apapun bisnis yang akan anda buat, anda harus bisa yakin kalau usaha tersebut akan sukses. lagipula jika belum sukses, banyak peluang dan kesempatan lainnya yang terbuka. Tetap mencoba dan semangat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *