Usaha Mikro Sebagai Roda Sosial Ekonomi Masyarakat Indonesia

Pemerintah Indonesia memberikan perhatian tinggi pada UMKM bukan tanpa alasan. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah alias UMKM ini punya peran penting dalam perekonomian Indonesia karena berdampak langsung pada masyarakat. Untuk mendukung peningkatan UMKM, pemerintah pun punya kementerian khusus yaitu Kementerian Koperasi dan UKM.

Jumlah unit UMKM yang terus meningkat berbanding lurus dengan tingginya penyerapan tenaga kerja. Harus diakui, UMKM telah membuka lapangan kerja yang lebih inovatif dan kreatif serta tidak hanya mengandalkan ijazah pendidikan. UMKM dalam hal ini berpotensi besar untuk untuk mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan. Mereka yang bekerja dengan layak juga akan mendapat penghidupan yang layak sehingga berpengaruh pula pada kelayakan hidup di Indonesia.

Selain itu, UMKM juga menjadi sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat. Lain halnya dengan perusahaan besar yang biasanya hanya berada di kota-kota besar, UMKM memiliki lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk di daerah yang paling terpencil dan susah dari akses transportasi sekalipun. Adanya UMKM yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia, membuat rakyat kecil tidak perlu berbondong-bondong hijrah ke kota demi memperoleh penghidupan yang layak. Berkat geliat UMKM yang terus meningkat ini, tinggal di desa bukan lah halangan untuk menjadi sukses.

Menggerakkan ekonomi nasional dari usaha rumahan
Menggerakkan ekonomi nasional dari usaha rumahan

Pangsa pasar UMKM juga mulai merambah dunia internasional. Mulai dari kerajinan, fashion, kuliner, hingga hasil pertanian. Artinya, UMKM juga berpeluang sebagai penghasil devisa negara. Selain itu, makin banyak produk lokal yang go internasional maka makin dikenal pula Indonesia beserta ragam seni dan kebudayaannya yang luar biasa.

UMKM terbukti memiliki kontribusi besar terhadap kehidupan sosial masyarakat di Indonesia. Namun bukan berarti menjalankan unit UMKM ini tidak memiliki hambatan. Masing-masing pelakunya harus terus meningkatkan inovasi dan kreativitas. Sementara itu, tak jarang pula pemodal yang memiliki proses berbelit-belit sehingga sulit bai mereka untuk mengembangkan potensinya. Ada pula yang justru jatuh ke lubang rentenir dan bangkrut di tengah jalan.

Sebagai upaya peningkatan perekonomian negara, maka diperlukan bantuan dari seluruh lini warga Indonesia. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk ikut mendukung hal ini. Mulai dari berbagi keterampilan yang memiliki daya jual, menyisihkan kekayaan untuk penggalangan dana bagi modal UMKM, sampai win-win solution dengan berinvestasi pada bisnis UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *