Transformasi Sistem GandengTangan, Berinvestasi untuk Usaha Mikro dan Kecil Semakin Aman

Meningkatnya angka transaksi elektronik menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin terbuka dengan teknologi finansial. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi masyarakat karena berbagai bentuk transaksi menjadi semakin praktis. Industri teknologi finansial di Indonesia juga memiliki potensi untuk semakin berkembang. Kabar terbaru, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan Peraturan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) pada 29 Desember 2016. Indonesia akhirnya memiliki payung hukum yang akan melindungi legalitas bisnis peer to peer lending di masa depan.

GandengTangan optimis bahwa peraturan ini akan mempertegas kontribusi teknologi finansial terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bertepatan dengan perjalanan GandengTangan sepanjang dua tahun, saat ini kami sedang mempersiapkan pendaftaran di OJK. Selain itu, kami pun telah melakukan serangkaian evaluasi agar bisa melayani para borrower dan lender dengan lebih baik lagi.

Pertama, GandengTangan selalu berkomitmen untuk meningkatkan kenyamanan bagi para investor. Berdasarkan pengalaman, GandengTangan banyak menemui para pemberi pembiayaan yang ingin membantu menciptakan perubahan sosial melalui para pengusaha kecil dan menengah.

Kedua, GandengTangan ingin memfasilitasi pembiayaan mikro agar lebih banyak lagi UMKM yang mandiri secara finansial. Namun begitu, banyak tantangan muncul di lapangan. Salah satunya, mereka tidak hanya membutuhkan pendanaan usaha, namun juga pendampingan. Dengan demikian, tambahan modal yang sudah didapatkan bisa digunakan secara optimal.

Menimbang dua hal di atas, GandengTangan membuat program GT Trust dalam lima bulan terakhir, yaitu para individu terpilih yang menjadi mitra untuk memastikan pembiayaan berjalan lancar dan membantu para pengusaha mikro dan kecil agar semakin maju. Mereka diseleksi berdasarkan wawasan mengenai UMKM di Indonesia, serta komitmen tinggi untuk melakukan pendampingan.

GT Trust juga merupakan garda terdepan bagi GandengTangan untuk menjamin bahwa pengusaha yang mengajukan pembiayaan akan bertanggungjawab. Kedepannya, semua project yang muncul di platform GandengTangan telah melalui screening dari GT Trust, yang menemui para calon penerima pembiayaan secara langsung. Investor pun akan merasa lebih aman dalam memberikan pinjaman. Di samping itu, para investor juga akan mendapatkan imbal hasil dari setiap dana yang telah diinvestasikan.

Untuk meningkatkan sistem GandengTangan ini, kami memohon dukungan Anda dengan melakukan hal berikut:

  • Bagi user lama, silahkan login dan lengkapi data di dashboard Anda.
  • Bagi yang ingin mengajukan pembiayaan, silakan mengisi formulir pengajuan pembiayaan di sini.
  • Bagi yang ingin berpartisipasi sebagai GT-Trust, kami menunggu pendaftaran Anda di sini.

Perlu diketahui, bagi para Investor yang sudah mendanai project sebelum perubahan sistem ini akan dilakukan tindakan: 1) dana pembiayaan dari project yang tidak berhasil terdanai, telah dikembalikan ke e-wallet masing-masing; 2) angsuran yang masih berjalan akan diupdate sesuai dengan jangka waktu angsuran. Untuk melihat seluruh perubahan tersebut, silahkan login/sign up kemudian lengkapi profil pada dashboard yang telah disediakan.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan tentang sistem baru GandengTangan, hubungi kami di kontak@gandengtangan.org atau 0812-9008-8725 dan kami akan senang membantu Anda.

Terima kasih telah bergandengtangan bersama kami untuk mewujudkan kemandirian ekonomi Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *