Tips dan Langkah-Langkah Menulis Kreatif

Saat ini dunia kepenulisan tidak terbatas kepada dunia yang kaku dan lurus. Bagi anda yang sudah lama terjun dalam dunia kepenulisan tentunya tahu makna dari menulis kreatif bukan? wah, menulis saja kadang sudah berat apalagi memerlukan keseimbangan untuk kreatif ya? Hehe.

Bagi anda yang belum pernah mendengar istilah menulis kreatif, kali ini kita akan membahas tulisan kreatif saat ini. Menulis kreatif bisa dibilang gaya menulis modern. Dilihat dari segi gaya tulisan saja sudah berbeda. Tulisan kreatif lebih cenderung ke arah novel, puisi atau cerpen. Tulisan kreatif lebih bertujuan untuk menyampaikan suatu cerita kepada pembaca dengan gaya se-asik dan se-ringan mungkin untuk dimengerti. Nah, bidang tulisan kreatif ini juga sudah banyak membentuk hasil tulisan populer saat ini. Banyak juga yang sukses dengan menggunakan tulisan kreatif loh. Apabila anda mempunyai bakat dan ketertarikan dalam bidang tulisan kreatif, jangan ragu untuk mencobanya. Lalu bagaimana caranya? Simak beberapa tips untuk menekuni dunia kepenulisan kreatif di bawah ini ya:

  1. Tuliskan ide anda

  2. Bukan hanya pemula, para penulis senior juga masih tetap menggunakan draft sebagai tulisan kotor mereka. Draft juga berfungsi sebagai wadah ide-ide anda, jika ide tidak segera ditulisakan anda bisa lupa dan akhirnya kehilangan poin utama dari cerita anda. Mulailah dengan pembukaan, hook atau poin penarik pembaca, inti cerita, problematika, penyelesaian dan juga penutup. Setelah draft atau rangka tulisan selesai, anda bisa mulai menuliskan keselruhan cerita. Dengan begitu akan lebih memudahkan anda untuk menuliskan karangan anda.

  3. Terus latihan

  4. Percuma jika kemampuan yang anda punya tidak dilatih. Ilmu kepenulisan juga memiliki penurunan kualitas jika anda tidak sering-sering melatihnya. Lagipula dengan sering-sering berlatih menulis anda bisa meningkatkan kemampuan anda untuk membuat suatu karya tulis yang lebih baik dari sebelumnya. Anda bisa memilih tipe tulisan apakah yang akan anda buat, setelah itu lakukan proofread untuk mengetahui sejauh manakah kemampuan anda untuk menulis kreatif.

  5. Tandai jam kreatif anda

  6. Mulai penulis senior ataupun pemula pastinya memiliki waktu-waktu tertentu untuk menulis. Menulis memang tidak bisa dipaksakan, tergantung mood atau suasana hati. Tentunya anda paham apabila penulis memiliki jam-jam kreatif dimana ide akan datang dengan mudah. Jam-jam inilah yang harus anda tandai. Dengan begitu akan mudah bagi anda untuk mengosongkan waktu.

  7. Semangat

  8. Ketiga hal di atas tidak akan berguna jika anda tidak memiliki niat ataupun semangat dalam mengerjakan karya tulis anda. Semua harus anda lakukan dengan ketertarikan tinggi untuk menciptakan sautu tulisan kreatif yang menarik banyak pembaca. Tentunya pembaca bukan suatu tujuan utama, kepenulisan adalah tentang esensi yang anda berikan kepada dunia tanpa menuntut balasan. Jika mereka menyukai karya anda tentunya itu merupakan suatu reward untuk diri anda. Dengan harapan anda harus bisa lebih mengembangkan diri.

Itulah tips dan langkah untuk menulis kreatif. Semoga beberapa hal di atas dapat menginspirasi dan memberikan anda pencerahan untuk berkarya dalam bidang kepenulisan kreatif. Anda juga bisa mencari dan mendapatkan cara-cara lainnya yang dapat membantu anda untuk menciptakan suatu karya tulis. Jangan lupa untuk tetap belajar dari penulis lainnya, jangan ragu untuk bertanya jika anda membutuhkan jawaban atas pertanyaan yang belum anda mengerti. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *