Tiga Manfaat Mengambar Bagi Anak

IMG_0954

 

Di tengah arus perkembangan teknologi yang cukup deras, kita sering melihat anak-anak lebih suka bermain dengan gadget-nya daripada melakukan sesuatu yang lebih baik.
Salah satunya adalah menggambar. Mengapa anak-anak perlu belajar menggambar? Berikut ulasan singkatnya:

  1. Penyalur Emosi yang Baik
    Seni lukis atau gambar merupakan sebuah bentuk ungkapan perasaan manusia melalui lukisan atau gambar. Pada dasarnya menggambar akan mengurangi rasa bad mood dari seorang anak. Karena emosinya bisa tersalurkan lewat gambar.

    Di sini orang tua bisa melihat kondisi atau karakter anaknya dari cara menggambar,  misalnya dengan melihat warna apa yang dominan. Jika warna yang dipilih warna-warna cerah, berarti sudah dipastikan si anak sedang keadaan gembira, atau berkarakter ramah.

  2. Membantu Anak dalam Belajar Menulis
    Setiap gerakan ibu jari dan telunjuk—horizontal ataupun vertikal—yang dilakukan anak akan sangat mempengaruhi dalam proses belajar menulis.

    Hal ini juga disampaikan langsung oleh Susantie, pemilik Sun Creativity Studio, saat dihubungi melalui telepon. “Kalau terbiasa menggambar, motorik anak akan terbiasa dan akan sangat membantu dalam proses pembelajaran menulis,” jelasnya.

  3. Terbiasa Berpikir Seimbang
    Tuhan menciptakan manusia dengan otak yang memiliki fungsi beragam. Otak kiri berfungsi saat manusia berhadapan dengan masalah seperti logika dan bahasa, sedangkan otak kanan berfungsi untuk berpikir kreatif, melatih intuisi dan berfantasi.

    Nah, di sinilah kemampuan otak kanan dibutuhkan. Dalam menciptakan karya seni kita harus berfantasi dan melatih intuisi.

    Jika tidak membiasakan bekerja atau melakukan suatu hal dengan otak kanan, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam berpikir. Karena menggambar akan mempertebal batang otak memperbaiki ingatan, meningkatkan intuisi dan juga melatih kemampuan motoric.

Susanti mempunyai inisiatif mulia, yaitu membantu orang-orang untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya, dan juga membiasakan anak untuk berpikir kreatif dengan menggambar/melukis. Kamu bisa ikut andil dalam menciptakan generasi kreatif dengan memberi pinjaman di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *