THR Jangan Sampai Bikin Tekor! Berikut 4 Trik Agar THR Anda Bermanfaat!

Tidak terasa, satu minggu lagi ibadah berpuasa di bulan Ramadhan akan berakhir. Bagi kita yang bekerja, pasti sudah mendapatkan uang tunjangan hari raya (THR) sebagai bentuk kompensasi dari perusahaan untuk “menikmati” momen lebaran yang hanya terjadi setahun sekali.
Eits, jangan sampai uang THR kita hilang sia-sia akibat kalap belanja. Menabung itu penting, alangkah baiknya menyisihkan dahulu uang THR kita sebelum dibelanjakan. Malah kalau mau Ramadhan ini membawa berkah, uang THR juga bisa disisihkan untuk kebaikan! Berikut tips agar THR Anda bermanfaat!

1. Membantu kaum dhuafa

Sudah banyak lembaga penyalur bantuan dana yang menyediakan fasilitas bagi Anda untuk bersedekah baik untuk kaum dhuafa, orang-orang sakit, anak yatim piatu, dan lain-lain. Nggak salah menyisakan rezeki kita untuk mereka yang membutuhkan. Selain membantu sesama manusia, kita juga akan bahagia karena merasa berguna bagi orang lain.

Dokumentasi Gandengtangan

2. Bagi-bagi buku di Hari Raya

Kalau biasanya saat Hari Raya kita bagi-bagi amplop berisi uang ke anak-anak kecil yang datang ke rumah, kenapa gak coba bagiin sesuatu yang lebih bermanfaat bagi masa depan mereka? Bisa banget kita cobain bagi-bagi buku ke anak-anak tersebut. Mulai dari buku pengetahuan, dongeng, novel, ensiklopedia, biografi tokoh, dan lain-lain. Investasi buku untuk penerus bangsa sekaligus menambah pahala! Amin…

Benny Rhamdani, Viva.co.id.

3. Membayar zakat

Awas, jangan sampai kita lupa membayar zakat. Bagi Anda yang Muslim, membayar zakat fitrah di bulan Ramadan itu wajib hukumnya. Apabila kita memiliki harta atau kekayaan yang telah mencapai haul dan nishabnya, maka 2,5% dari harta kita harus disedekahkan kepada yang berhak.

4. Lipat gandakan uang lewat investasi

Biar gak tekor, mending cari solusi supaya rezeki tambahan kita malah semakin berlipat ganda. Karena ini sangat penting untuk persiapan di masa depan. Untuk modal nikah sampai untuk biaya pendidikan anak. Sekarang, sudah banyak sekali platform investasi yang memberikan keuntungan finansial bagi Anda. Bahkan, tidak hanya memberikan keuntungan tapi juga bisa membantu orang lain, loh! Istilah ini di sebut “impact investing” atau investasi berdampak sosial.

Dokumentasi Gandengtangan

Salah satu pionir impact investing Indonesia adalah GandengTangan.org — yang membantu memberikan pembiayaan UMKM lokal lewat dana dari investor yang tulus ingin membantu.

Keuntungan melakukan “impact investing” ini cukup menarik dari sekedar menabung di bank. Bunga tabungan bank hanya 0.7-1% per tahun (belum temasuk biaya administrasi bulanan), sedangkan di GandengTangan, Anda bisa mendapatkan imbal hasil mencapai 12% per tahun. Selain itu yang lebih penting, Anda melakukan misi kemanusiaan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah Indonesia. THR ternyata banyak sekali manfaatnya, ya! Yuk segera sisihkan rezeki kita untuk mereka yang perlu dibantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *