THR dan Bonus Gaji Lainnya Cuma Numpang Lewat? Ini Hal-Hal Yang Perlu Kamu Lakukan

Apa sih yang paling ditunggu-tunggu para pegawai kalau bukan gajian? Apalagi jika ada bonus tambahan seperti THR yang datang setahun sekali atau uang lembur yang bisa dinegosiasi dengan menyempatkan waktu lebih banyak untuk bekerja. Mendapatkan bonus gaji memang menyenangkan. Ia bisa mewujudkan barang yang kamu inginkan menjadi nyata dan berada tepat di depan mata.

Faktanya, seringkali bonus tambahan ini cepat sekali ludes tanpa disadari. Banyak pula yang menyebutnya seperti air karena hanya numpang lewat dalam genggaman dan sebentar kemudian sudah hilang. Kamu mungkin juga merasakannya, bahwa kesenangan mendapatkan uang tambahan hanya bersifat sementara.

Agar bonus gajianmu bisa bertahan lama, ikuti tips berikut ini

  1. Hindari pusat perbelanjaan

  2. Pada awalnya kamu mungkin tidak merencanakan beli banyak barang. Namun ketika berada di pusat perbelanjaan yang hampir semua barang tersedia di sana, sangat mungkin kamu akan tergiur untuk belanja. Berdalih aji mumpung, misalnya selagi punya uang karena besok belum tentu uangnya masih ada, atau selagi berada di swalayan karena biaya transportasi tidak murah, maka kamu pun lengah membiarkan uangmu berpindah tangan dan berganti dengan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan.

  3. Jangan kelamaan di ruang belanja online

  4. Kalaupun tidak mengunjungi pusat perbelanjaan, kini ada banyak toko online yang bisa kamu kunjungi sewaktu-waktu melalui ponsel. Tanpa capek jalan ke sana ke mari, sambil duduk manis di sofa rumah kesayangan, barang yang kamu inginkan di antar langsung kepadamu. Namun kamu harus mengendalikan diri. Terlalu lama menelusuri toko online bisa menimbulkan keinginan yang lebih besar untuk belanja. Misalnya ketika kamu sedang mencari kemeja putih, di laman tersebut juga menampilkan kemeja lain yang tak kalah kece. Kamu pun bingung memilih keduanya dan malah membeli semuanya.

  5. Langsung sisihkan untuk tabungan atau investasi

  6. Pada saat kamu menerima gajimu, sisihkan untuk ditabung. Kalau perlu, 50% dari uang tersebut. Ini akan menghindarkan kamu dari sikap boros karena uang yang ada di dompet terbatas. Selain itu, untuk menambah nilai mata uang yang kamu tabung, pertimbangkan pula untuk berinvestasi. Pilihan investasinya bermacam-macam, sesuaikan minatmu saja. Misalnya bisa kamu jadikan modal berbisnis atau beli emas.

  7. Catat anggaran keperluan

  8. Pencatatan ini berkaitan pula dengan perencanaan keuangan. Perhitungkan dengan cermat, uang yang kamu dapatkan akan digunakan untuk apa saja. Kemudian patuhi rencana yang telah kamu buat sendiri. Dengan demikian, kamu bisa mengendalikan uang dan tidak menjadi kalap belanja.

  9. Buka 2 rekening

  10. Trik lain yang bisa kamu coba agar THR dan sejenisnya tidak cepat habis adalah dengan membuat rekening khusus. Jadi, selain rekening transaksional yang bisa kamu bawa ke mana-mana, miliki pula rekening tabungan yang kamu simpan. Uang di rekening transaksional bisa kamu belanjakan untuk membayar segala jenis tagihan seperti rumah, listrik, pulsa, makan, transportasi, dan keperluan harian lainnya. Sementara itu, rekening tabungan yang menyimpan uang THR dan bonus gajian akan dalam kondisi aman.

Perlu diingat pula, kamu butuh komitmen tinggi untuk menjalankan perencanaan ini agar bonus gajianmu tidak cepat habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *