Tabungan Selalu Habis? Yuk, Pelajari 4 Tips Pintar Mengelola Keuangan Pribadi

Belum satu bulan, gaji sudah habis. Hampir semuanya termakan oleh utang. Akibatnya, ketika terjadi suatu hal mendadak yang membutuhkan dana, Anda tidak memiliki tabungan untuk membayar. Terpaksa, Anda harus berutang lagi.

Jika skema tersebut terus berulang dalam kehidupan Anda, maka ada yang keliru dalam mengelola keuangan pribadi. Anda mungkin terlalu mudah mengeluarkan uang. Tanpa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan nafsu semata.

Nah, bagi Anda yang ingin memperbaiki sistem keuangan dan memiliki investasi yang menguntungkan yaitu tabungan, bisa mencoba 4 tips sederhana berikut.

  1. Menetapkan Target yang Harus Dicapai

  2. Tetapkan target sebelum gaji diterima. Apa yang harus dilakukan dengan uang yang didapat nantinya. Tujuannya untuk mengontrol keuangan yang keluar.

    Contoh, Anda menargetkan untuk bisa liburan ke Papua di bulan kelima. Maka, dari bulan pertama sudah pasti Anda akan menyisihkan uang jajan demi bisa merealisasikan wacana tersebut. Apalagi jika tiket sudah terbeli.

  3. Patuhi Rancangan Anggaran yang Dibuat

  4. Usai menetapkan target, Anda bisa mulai membuat rancangan anggaran dalam satu bulan. Catatan dapat dibuat menggunakan kertas, kemudian ditempel pada dinding kamar, agar pengeluaran dapat terkendali.
    Pandai-pandai dalam memilah mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sekadar keinginan semata. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat catatan mengenai daftar kebutuhan setiap bulannya.

  5. Sisihkan Sebagian untuk Investasi

  6. Dari gaji yang didapat setiap bulan, Anda dapat menyisihkan sebagian untuk investasi yang menguntungkan—selain menyimpannya dalam bentuk tabungan. Alasannya, investasi akan terus berputar sehingga hasilnya dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan atau melakukan investasi lagi di tempat lain.
    Keuntungan dari cara ini, gaji tetap didapat, tabungan bertambah, utang pun terbayarkan. Penghasilan tambahan dari investasi tersebut juga bisa diperoleh.

  7. Mulai Berbisnis

  8. Untuk mengamankan keadaan finansial dan menambah pundi-pundi simpanan, maka Anda dapat memulai dengan berbisnis. Tidak harus langsung besar, sebab akan membutuhkan banyak dana.
    Anda dapat memulai dari hal kecil seperti membuka jasa pembuatan web, menjual makanan, atau mungkin berkebun. Meski kecil, namun jika ditekuni dapat memberikan kontribusi besar pada keuangan pribadi.

Itulah 4 tips dalam mengelola keuangan pribadi untuk menciptakan investasi yang menguntungkan bagi diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *