Sun Creativity Studio: Alternatif Hobi Positif untuk Anak-anak dan Menciptakan Lapangan Pekerjaan Berbasis Kreativitas

Berapa lama Anda menggunakan Internet dalam sehari? Tanpa sadar, Anda bisa menghabiskan 5-6 jam untuk browsing dan ngobrol sama teman via media sosial atau messenger. Sementara itu, kalau Anda perhatikan, usia pengguna Internet di Indonesia semakin lama semakin muda. Banyak anak-anak yang terlalu lengket dengan smartphone atau laptop hingga mengalihkan mereka dari aktivitas di dunia nyata yang jauh lebih bermanfaat. Melihat keadaan ini, Bu Susanti berpikir untuk menyediakan sarana untuk mengeksplorasi kreativitas anak-anak. Melukis dirasa tepat, terutama karena Bu Susanti memiliki latar belakang pendidikan desain grafis.

Sun Creativity Studio tak hanya memberikan kursus melukis untuk anak-anak, tapi juga untuk ibu rumah tangga yang ingin mencari aktivitas produktif. Melalui melukis, Bu Susanti merangsang imajinasi dan minat belajar anak-anak. Para wanita pun bisa melanjutkan kegiatan ini bersama anak-anak mereka di rumah. Selain itu, agar dapat memberikan les melukis dengan harga terjangkau, Sun Creativity Studio juga menerima pembuatan mural untuk instansi.

Pada akhir tahun 2015, Sun Creativity Studio mengajukan pinjaman melalui GandengTangan agar dapat menyewa ruko. Bu Susanti mendapatkan tambahan modal sebesar hampir Rp 22juta dari 6 orang pemodal. Dengan demikian, Bu Susanti bisa menambah 1 orang pekerja menjadi 2 orang – yang sebelumnya bekerja sebagai office boy atau pelayan di kafe. Selain itu, 8 orang ibu rumah tangga bisa mengikuti kursus gratis di Sun Creativity Studio. Dari sini, salah satu murid sudah bisa membuka usaha lukisan dan mendapatkan penghasilan tambahan. Dampak positif terbesar dari kursus melukis yaitu membantu keseimbangan emosi dan psikologis anak-anak tentunya melampaui keuntungan secara materiil. Hingga saat ini, sudah ada 48 murid anak-anak yang merasakan manfaat dari kegiatan menggambar dan melukis.

Jika semua manfaat tersebut dijumlahkan, keuntungan sosial yang dihasilkan dari proposal Sun Creativity Studio setara dengan Rp 122juta. Dengan kata lain, setiap Rp 50ribu yang Anda investasikan, menciptakan manfaat sosial senilai Rp 118ribu. Ingin memberikan lebih banyak ruang untuk anak-anak Indonesia berkreasi? Danai proposal terbaru disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *