Strategi Perusahan Usaha Kecil dalam Menghadapi MEA

Sudah menjadi pengetahuan semua orang bahwa saat ini kita sudah memasuki era MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN. Memangnya apa MEA itu? MEA adalah keadaan dimana kita sebagai salah satu negara yang termasuk dalam ASEAN akan memiliki kebebasan untuk saling memasuki negara lainnya yang masih berada dalam lingkup asean. Termasuk dalam hal perniagaan, kita semua dapat berwirausaha ke negara-negara tersebut. Tentunya hal ini menjadi isu hangat di kalangan masyarakat berbagai bidang. Semua orang berlomba-lomba untuk menjadikan usaha mereka yang terdepan agar bisa tembus dalam pasaran internasional.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang di era MEA dimana batasan-batasan globalisasi tidak akan terasa, jarak dan waktu pun tidak akan mempunyai masalah lagi. Bagi anda para pelaku usaha tentunya hal ini membawa berbagai dampak mulai dari positif sampai negatif. Anda harus menyiapkan perlindungan ganda untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak anda inginkan. Jika anda tidak berniat untuk membenahi usaha anda, jangan kaget ketika anda tidak melihat adanya perkembangan yang signifikan terhadap usaha anda. Berikut kami akan membahsa strategi apa yang bisa anda lakukan sebagai pelaku usaha dalam menghadapi MEA. Simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Perhatikan pasar internasional

  2. pasar internasional

    Untuk berkompetisi dengan masyarakat inetrnasional tentunya anda harus memperhatikan peluang pasar internasional. Anda tidak bisa berperang tanpa mengetahui kondisi lawan bukan? lihat alur pasarnya dan perbaiki perlengkapan anda. Jadikan hal ini motivasi bahwa lawan pasar anda bukan hanya orang lokal namun juga orang-orang negeri tetangga. Anda juga harus mengubah beberapa strategi penjualan jika memang dibutuhkan dan diperlukan. Jangan sampai anda tertinggal oleh para pengusaha lain, selalu upgrade strategi usaha anda.

  3. Ambil peluang terdekat

  4. ambil peluang terdekat

    Lihat ke linggukngan sekitar anda, jangan sampai kehilangan peluang terbaru. Anda bisa saja mengambil keputusan dengan sembarangan. Namun anda harus perhatikan hasil yang akan diperoleh. Untuk menghasilkan hasil usaha yang baik anda tidak bisa begitu saja mengambil langkah-langkah untuk mengembangkannya. Selalu teliti dan perhatikan peluang yang ada di sekitar anda. Jika anda perhatikan lebih dekat, banyak sekali kesempatan yang akan mempunyai nilai tinggi untuk kemajuan usaha anda. Maka dari itu, jadikan segala yang terjadi dalam usaha anda sekarang sebagai peluang terbaru untuk anda.

  5. Berikan layanan tambahan

  6. pelayanan terbaik

    Anda harus beradaptasi dengan semua kemungkinan terbaru. Lihat apa yang dibutuhkan oleh konsumen anda. Tambah dan perbaiki fasilitas pelayanan untuk mereka. First impression is important. Anda tidak akan tahu pelanggan anda datang pukul berapa bukan? Selalu berikan yang terbaik. Pelayanan yang baik akan membekas pada ingatan konsumen. Dan inilah salah satu cara untuk mengembangkan usaha anda. Jangan ragu untuk melakukan survey untuk mendapatkan hasil terbaik untuk usaha anda.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menciptakan strategi terbaik untuk usaha anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak yang anda anggap paham dengan masalah anda. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui strategi anda karena pada dasarya strategi itu bersifat periodik saja. Pasti akan berubah dalam rentang waktu tertentu. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk selalu melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah anda tempuh. Sekian informasi kali ini, semoga dapat menginspirasi anda semua. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *