Strategi Komunikasi Pemasaran yang Cocok untuk Wirausahawan Sosial dan UKM

Sudah terbukti bahwa strategi pemasaran yang baik mampu menarik lebih banyak pendapatan untuk suatu usaha. Hal inilah yang dapat anda ikuti. Anda harus menciptakan suatu rencana pemasaran yang baik untuk bisnis anda. Sebagai pelaku usaha tentunya kemajuan dari bisnis anda adalah yang utama bukan? Anda harus bisa menarik banyak konsumen untuk menggunakan produk anda. Dalam tahap ini anda akan mengerti bahwa mengkomunikasikan produk anda kepada konsumen tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu banyak stretegi untuk bisa membuat konsumen anda tertarik dan paham dengan kualitas dari produk usaha anda.

Untuk teknik komunikasi pemasaran sendiri terbagi menjadi teknik langsung dan tidak langsung. Anda akan lebih banyak menggunakan cara-cara promosi online menggunakan sosial media atau platform internet dari strategi komunikasi tidak langsung. Sedangkan untuk komunikasi secara langsung anda bisa menggunakan media tatap muka untuk berhubungan langsung dengan konsumen anda. Lalu untuk kedua tipe tersebut, strategi apakah yang bisa anda lakukan?

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana strategi pemasaran yang cocok untuk wirausahaan. Jika anda merasa produk anda menarik dan memiliki daya jual tinggi namun belum mendapat hasil penjualan yang sesuai dengan kemauan anda. Saatnya anda mengevaluasi strategi pemasaran produk anda. Barangkali anda belum membuat banyak orang tahu dan mengerti sisi penting dari produk anda. Yang pertama untuk melakukan strategi komunikasi anda harus mengerti dan memperhatikan target pasar. Hal ini dimulai dari anda harus mengerti segmentasi dari target pasar anda. Tentunya strategi yang anda ciptakan akan berbeda jika anda menawarkan suatu produk susu anak-anak dengan dewasa. Anda harus bisa melihat peluang-peluang yang ada di sekitar anda. Buat target pasar anda menjadi salah satu pertimbangan untuk menciptakan cara-cara promosi usaha anda.

Lanjut untuk strategi yang kedua, anda harus mulai menentukan media pemasaran yang akan anda gunakan. Media pemasaran di sini penting. Menggunakan cara online atau offline semuanya perlu perencanaan yang matang. Jika anda fokus untuk mempromosikan produk usaha anda menggunakan media online, tentunya anda harus mulai melakukan survey agar menemukan media online yang paling efektif untuk memasarkan produk anda. Tentunya anda juga harus memperhatikan beberapa kriteria untuk mencari media yang paling cocok. Mulai dari segi pengguna sosial media tersebut sampai konten promosi apakah yang akan anda gunakan.

Setelah anda menemukan sosial media yang paling cocok, segera buat materi yang akan anda sebarkan sebagai bahan promosi anda. Hal ini juga berlaku jika anda menggunakan cara offline untuk strategi komunikasi anda. Misalnya, jangan ragu untuk menyebar beberapa booth di titik-titik penting lalu lalang banyak orang. Anda bisa menyediakan pameran kecil untuk produk anda sekaligus menjelaskan lebih lengkap apa yang menjadi poin penawaran produk anda.

Yang terakhir adalah konsistensikan diri anda untuk melihat perkembangan yang sudah anda buat. Dengan melihat perkembangan yang sudah buat anda bisa melakukan rencana-rencana yang sudah anda buat. Bagaimana, adakah yang menjadi pertanyaan anda? Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak yang anda mengerti sehingga anda bisa menemukan jawaban dari masalah anda. Tetap fokuskan diri untuk mengembangkan usaha yang sedang anda rintis. Perhatikan lingkungan anda untuk melihat lebih banyak peluang. Tetap semangat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *