Bagaimana Membangun Strategi Bisnis Sosialmu via Social Media?

Saat ini menggunakan sosial media sebagai platform untuk memasarkan bisnis menjadi sesuatu yang sangat dipertimbangkan. Saat ini jika anda melihat ke beberapa jejaring komunikasi internet, tentulah banyak akun-akun yang menjual berbagai kebutuhan. Kondisi inilah yang sedang marak terjadi, dengan pengguna internet yang cukup besar juga pemakai sosial media aktif yang banyak menjadikan hal ini sebagai peluang yang menjanjikan.

Banyak sekali keuntungan yang dapat kita dapatkan dengan menggunakan sistem pemasaran usaha menggunakan internet. Salah satunya adalah anda tidak perlu menganggarkan biaya transportasi untuk memasarkan produk anda ke daerah-daerah terpencil. Cukup meng-update foto dan juga penjelasan seluruh elemen pasar akan mengetahui produk anda. Bagaimana, Anda tertarik? Berikut adalah cara membangun sosial media untuk memasarkan produk Anda:

  1. Tentukan pasar

  2. pilih-pasar
    Untuk mendapatkan hasil terbaik, fokuslah dengan menggunakan satu akun saja. Anda harus melihat target pasar anda karena dengan begitu anda bisa menentukan sosial media apakah yang akan digunakan. Berbeda jika kita membicarakan jenis pemasaran apakah yang anda sukai, jika anda suka menampilkan hasil foto-foto indah anda sebaiknya gunakan instagram sebagai media pemasaran anda. Jika anda lebih banyak menggunakan strategi kepenulisan gunakan twitter juga facebook. Dalam menentukan sosial media anda juga harus melihat tren pasar yang ada, jika masyarakat banyak menggunakan sosial media A maka anda harus mengikutinya.

  3. Buat gebrakan

  4. gebrakan
    Ketika anda sudah menentukan sosial media apakah yang anda gunakan maka sekarang saatnya anda membuat suatu aksi gebrakan. Fungsi dari membuat gebrakan ini untuk mengagetkan pasar dan menciptakan suatu keingintahuan sehingga mereka akan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk anda. Gebrakan ini bisa berbentuk diskon, promo ataupun pembelian paket tertentu. Dengan menggunakan kekuatan sosial media banyak orang yang akan mnyebarkan informasi tersebut secara menyeluruh. Anda juga harus menggunakan sistem tagar atau hashtag yang akan membantu mempromosikan toko online anda.

  5. Keep update!

  6. update
    Menjaga sosial media anda agar tetap memberikan informasi produk yang segar bukan itu-itu saja memerlukan konsistensi tinggi. Kalau perlu buatlah jadwal setiap harinya untuk memberikan informasi terbaru untuk konsumen anda. Tambahkan pula bukti testimoni dari para konsumen yang sudah membeli produk anda, ini penting untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen anda dan juga membuktikan bahwa toko online ataupun bisnis anda terpercaya. Jangan lupa untuk bekeja sama dengan beberapa toko online lainnya ataupun komunitas yang dapat mendukung usaha sosial anda. tentunya bekerjasama akan memberikan hasil yang lebih besar daripada harus mempromosikannya secara individu.

  7. Promosikan

  8. promosikan
    Bagaimanapun juga dalam menggunakan sosial media untuk media pemasaran, anda tetap harus menggunakan jalan offline untuk menyebarkan sosial media anda. Ketika anda menghadiri pameran misalnya, jangan lupa untuk mencantumkan sosial media anda di banner. Contoh lainnya adalah menuliskan alamat sosial media anda di tag label toko online, sehingga akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan akses untuk mengunjungi sosial media toko online anda.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ikuti untuk membangun strategi pemasaran menggunakan sosial media. Menggunakan rencana- rencana yang matang agar semua berjalan lancar memang sangat diperlukan dalam mengolah bisnis anda. Oleh karena selalu pantau dan lihat perkembangan yang ada untuk menentukan strategi terbaik untuk bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *