Strategi Bisnis untuk Wirausahawan Sosial

Pernahkah anda merasa bahwa usaha soisal yang anda tekuni belum menghasilkan suatu titik cerah yang membanggakan? Ataukah profit yang diterima kurang sesuai dengan ekspektasi anda? Jika iya, jangan khawatir, saat ini anda membaca artikel yang tepat. Kali ini kita akan membahas mengenai trik-trik khusus yang bisa anda terapkan dalam menjalankan usaha sosial anda. Beberapa strategi khusus di bawah ini bisa anda aplikasikan untuk usaha sosial yang sedang anda geluti saat ini. Sehingga anda bisa mencapai lebih banyak target dan pencapaian dalam usaha anda. Perhatikan strateginya di bawah ini ya:

  1. Sounding produk anda

  2. tunjukkan

    Bagaimana masyarakat luas tahu produk anda jika anda tidak memberi edukasi nyata kepada mereka. Saat ini lebih banyak orang mengerti tentang suatu informasi melalui media sosial, manfaatkanlah sebaik mungkin kesempatan ini. Tentunya anda harus membuat suatu akun sosial media untuk bisa mengakses komunikasi berbagai arah. Buat suatu gebrakan untuk menunjukkan eksistensi produk usaha anda. Jika perlu buat suatu kegiatan menarik yang bisa mengajak turut serta semua orang untuk berpartisipasi. Misalnya anda membuat suatu challenge dengan melibatkan produk anda. Temukan ide-ide kreatif lainnya ya.

  3. Arahkan target pasar

  4. arahkan pasar

    Cari tahu target pasar untuk produk usaha anda. Dengan begitu anda bisa lebih spesifik dalam menentukan cara-cara lain untuk mempromosikan usaha anda. Misalnya target pasar anda adalah anak-anak muda, anda bisa menggunakan cara pendekatan ke sekolah-sekolah dan kegiatan yang sedang menjadi tren di kala itu. Dengan mengarahkan target pasar juga bisa lebih efektif untuk menganggarkan dana pengeluaran untuk produk usaha anda.

  5. Tunjukkan visi misi

  6. tunjukkan visi

    Dengan menunjukkan apa visi misi serta tujuan usaha anda diciptakan, tentunya masyarakat luas akan lebih mengerti produk anda. Dengan menunjukkan sisi lain dari produk tersebut, masyarakat luas dapat mengerti alasan dibentuknya usaha sosial tersebut. Dengan begitu mereka akan lebih mudah untuk menggunakan produk usaha sosial anda.

  7. Promosikan usaha sosialmu

  8. promosikan produkmu

    Buat produk usaha anda menjadi yang nomor satu dipasaran. Gunakan cara-cara yang unik agar menarik lebih banyak massa. Jika perlu anda bisa menggunakan dua sistem pemasaran sekaligus yaitu online dan offline. Gunakan sumber daya usaha anda semaksimal mungkin. Ketika anda menggunakan cara online, link yang anda punya sebagai teknik pemsaran yang akan menghasilkan lebih banyak koneksi. Dengan begitu target konsumen anda akan lebih luas. Berbeda jika anda menggunakan cara offline, anda bisa mengikuti berbagai acara pop market atau festival untuk memperkenalkan lebih dekat produk usaha anda.

  9. Gandeng pihak lain

  10. gandeng pihak lain

    Di saat anda menggunakan koneksi yang anda punya untuk memasarkan usaha anda, hal ini akan menciptakan efek multiplier. Anda bisa menggaet lebih banyak konsumen. Salah satu caranya tadi ialah dengan menggandeng pihak lain. Anda dapat mengajak beberapa media partner untuk ikut mempromosikan produk anda, tentunya dengan beberapa persetujuan.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda ikuti dan kembangkan. Tetap cari ide-ide menarik lainnya untuk bisa mendapatkan berbagai peluang baru. Anda bisa bertanya kepada pelaku usaha lainnya untuk saling bertukar pikiran. Dengan begitu akan lebih banyak lagi kesempatan yang bisa anda ciptakan. Tetaplah merasa kurang dan cari lebih banyak akses untuk mengembangkan usaha anda. Jangan lupa untuk tetap semangat ya. Salam suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *