Sosok Perempuan Hebat yang Berpikir Jauh Melampaui Dirinya

“Pendidikan itu penting buat perempuan, mbak.. Tapi lebih penting lagi, skill..”

Memperingati International Women’s Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret, kali ini Gandengtangan mengajak kamu untuk membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk perempuan. Salah satunya adalah dengan mendukung seseorang yang luar biasa, yang bernama Bu Desy Istopo.

Lahir dengan skoliosis (penyakit pembengkokan tulang) yang menyebabkan Bu Desy kesulitan untuk beraktivitas secara normal; hal ini tidak menyurutkan semangat beliau untuk berusaha. Dari yang awalnya hanya bertujuan untuk mencukupi kehidupan keluarga, kemudian berkembang dengan sebuah mimpi yaitu membina dan membimbing anak-anak putus sekolah.

Desy Catering adalah usaha yang telah dijalankannya selama lima tahun terakhir. Bu Desy juga pernah membuka sebuah rumah makan di daerah Cipinang tahun lalu. Menu andalannya adalah ayam bakar madu, dan juga menerima pesanan nasi kotak dan nasi tumpeng. Sayangnya, karena masalah kesehatan dan kurang pegawai, Bu Desy harus menutup rumah makannya untuk sementara.

Bagi Bu Desy, keahlian memasak yang dimilikinya harus disyukuri. Ia sadar, meskipun ia memiliki ijazah, keadaannya akan menyulitkannya untuk bekerja kantoran. Belum lagi, cemoohan yang harus diterimanya dari orang-orang yang melihatnya. Kalau dipikir-pikir, sedih banget ya, bukannya ngebantu, malah memperolok.

Tapi Bu Desy tetap tabah, dan merancang impian setinggi mungkin. Saat ini beliau berharap, dengan bantuan daeri Gandengtangan, beliau bisa kembali membuka rumah makan. Dengan usaha catering yang sekarang dibantu oleh dua orang, beliau ingin mempekerjakan lebih banyak orang. Beliau akan memprioritaskan orang-orang yang berpendidikan rendah, sehingga dibawah arahan Bu Desy, mereka akan menjadi pegawai yang skillful.

“Saya menikmati proses, melihat orang dari yang sebelumnya tidak bisa apa-apa, menjadi bisa.. Cermat, mandiri, punya pekerjaan, punya penghasilan.. Buat saya itulah kesempatan saya mengamalkan apa yang saya bisa..”

Yuk, bantu Bu Desy menciptakan sebuah lapangan pekerjaan yang berkualitas di Jakarta. Siapa tahu, para pegawai yang bekerja di Desy Catering adalah koki-koki andalan di masa depan. Lihat project Desy Catering di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *