Wirausaha Sosial dan Media Sosial

Selamat datang di era globalisasi dimana semua masyarakat dunia dapat berkomunikasi tanpa adanya jeda untuk ruang dan waktu. Saat ini sosial media menjadi alat penghubung untuk segala kegiatan semua orang. Semua orang bisa saling bertransaksi tanpa ada halangan pulau, negara dan waktu. Belum lagi jika kita mendeskripsikan macam- macam sosial media saat ini yang mulai dari fungsi, jangkauan hingga fasilitasnya sangat beragam.

Banyak sisi positif yang dapat kita ambil dari sosial media saat ini. Sosial media memberikan akses tanpa batas terhadap informasi yang ingin anda ketahui, semua bisa memberikan keuntungan jika anda jeli melihat kesempatan yang ada. Salah satunya adalah keuntungan spesial sebagai wirausahawan yang membawa, anda dapat menjangkau konsumen anda tanpa dinding pembatas.

Strategi pemasaran dengan sosial media dikenal sebagai taktik pemasaran ter-ampuh untuk saat ini. Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang pemanfaatan sosial media sebagai platform pemasaran, berikut ulasannya.

Sosial media interaktif

interaktif
Saat ini banyak kita temui akun-akun media sosial dengan beragam fitur terbaru. Tentunya anda sebagai pelaku usaha harus memiliki kepekaan akan fasilitas tersebut. Anda bisa menggunakan beberapa sosial media yang benar-benar akan merujuk pada spesialisasi pasar anda. Gunakan sosial media seperti Instagram, Twitter, Path dan Youtube jika usaha anda membutuhkan media pemasaran dengan teknik visual dan audio.

Dengan fitur pengunggah video dan gambar dari instagram yang akan memberikan keleluasaan bagi anda untuk menunjukkan produk yang ingin di tawarkan. Jangan lupa untuk mengedit video dan memberikan efek yang baik agar memberikan kesan baik bagi viewer. Jika anda mengusahakan yang terbaik, sosial media bisa menarik animo masyarakat untuk mengkonsumsi atau menggunakan produk anda, Lakukan promosi secara tepat sasaran.

Gunakan fasilitas hashtag (#)

hashtag
Optimalkan fasilitas sosial media anda dengan menggunakan seluruh fitur yang ada. Pernahkah anda mendengar tentang fitur hashtag atau tagar? Tagar ataupun hashtag memiliki fungsi sebagai administrasi di sebuah lini masa sosial media. Jika anda mengunjugi Twitter, anda bisa mencari segala informasi hanya dengan mencantumkan hashtag atau tagar di depan kata yang akan anda cari. Maksimalkan fungsi tagar ini untuk mengarahkan konsumen ke akun anda.

Dengan fasilitas ini anda bisa bertemu dengan pelaku usaha yang sama, dengan begitu anda bisa mencari evaluasi pribadi dengan cara membandingkannya dengan produk anda sendiri. Menggunakan tagar juga bisa membuat produk anda tenar dan cepat dikenal oleh para konsumen. Cukup yakinkan diri anda jika usaha tidak akan menghianati hasil yang sudah anda keluarkan.

Cari Media Partner

media-partner
Saat ini bukan saatnya untuk superman era, sekarang dalah waktunya untuk superteam era. Kita akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi jika kita melakukannya bersama-sama. Salah satu solusi bagi anda yang memiliki bisnis sosial adalah mencari media partner atau kerjasama dengan pihak lain. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya adalah mendapatkan koneksi untuk saling mempromosikan dan mendukung usaha masing- masing.

Fungsi media partner tidak hanya selesai untuk mempromosikan saja, anda bisa mendapatkan dukungan finansial juga. Tak jarang banyak perusahaan yang mencari rekan untuk CSR atau Corporate Social Resonsibility dengan memberikan suntikan modal untuk usaha kecil menengah yang bisa memberikan efek luas kepada masyarakat sekitar. Bagaimana mudah bukan? Segera siapkan amunisi berperang anda. Maksimumkan praktek usaha anda sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *