Pentingnya Riset Pemasaran untuk Wirausahawan Sosial

Pengambilan suatu keputusan tidak pernah mudah ketika keputusan tersebut akan mempengaruhi hajat hidup banyak orang. Sebagai pelaku usaha anda tentunya mengerti hal ini, mengambil suatu keputusan perlu pemikiran yang jernih. Dalam suatu bisnis sebelum anda mengambil suatu keputusan akan diadakan sebuh rapat atau pertemuan antar founder atau juga pemegang saham. Nah, paham kan seberapa pentingnya suatu keputusan dalam suatu usaha.

Setiap pelaku usaha yang baik tentunya akan benar-benar menganalisa setiap situasi untuk mencari keputusan penyelesaian paling tepat. Begitu pula dengan hal penentuan strategi pemasaran. Dalam dunia usaha, setiap langkah kita sangat diperhitungkan. Salah satunya dalam hal pemasaran dan penjualan produk. Oleh karena itu tidak asing apabila penentuan strategi pemasaran didahului oleh riset pemasaran. Apakah maksud dari riset pemasaran? Melakukan riset di sini berarti anda sebagai pelaku usaha mencari tahu apa sajakah faktor yang membuat usaha anda berkembang dan laku di pasaran. Lalu bagaimanakah riset pasar memberi efek dalam hal pemasaran usaha anda? Ayo, simak penjelasan berikut ini.
Pertama, melalui diadakannya riset pemasaran anda kan mencari tahu kebiasaan pasar sehingga dalam penentuan strategi pemasaran produk lebih tepat sasaran dan lebih terarah. Jadi pentingnya riset pemasaran bagi anda yang memiliki suatu usaha tentunya akan berkaitan dengan penentuan keputusan tentang bagaimana strategi pemasaran yang akan dilakukan. Ketika anda berkeinginan untuk memasarkan produk anda, pastinya anda pernah memikirkan cara apakah yang paling diterima oleh masyarakat. Nah inilah salah satu fungsinya.

Kedua, mengehemat waktu, tenaga dan material. Melalui riset pasar anda akan mengetahui apakah kira- kira yang menjadi cara paling efektif untuk memasarkan produk anda. jadi anda bisa menghemat beberapa persen budget yang anda miliki, karena anda melakukan sesuatu usaha pemasaran yang benar- benar dibutuhkan. Bagaimana terdengar sangat menarik bukan?

Ketiga, melihat seberapa besar peluang pemasaran di setiap daerah. Tentunya dalam suatu riset pemasaran anda akan melakukannya secara merata di setiap daerah pilihan, entah dipilih secara acak ataupun sistematis. Anda dapat memanfaatkan jaringan internet sehingga tidak perlu menghabiskan banyak modal untuk langsung mendatangi area yang dimaksud. Anda bisa menggunakan aplikasi survey online dan menyebarkannya ke setiap daerah yang anda inginkan. Sangat mudah diaplikasikan dan tentunya terjangkau.

Ketika anda melakukan riset pemasaran hal itu akan mendorong usaha anda untuk melakukan hal yang diluar ekspektasi. Mengapa? Ketika anda melihat hasil riset menyatakan bahwa beberapa daerah tidak tertarik akan model pemasaran anda, tentunya anda akan membuat suatu rencana lain yang akan mendukung hasil dari riset pemasaran. Seperti itulah kerja dari riset pemasaran ketika melihat peluang pasar yang berbeda dari apa yang dibayangkan, kita akan mencari celah lain. Inilah yang akan membuat anda tetap maju dan berkembang. Riset pemasaran juga membuat anda lebih teliti dalam melakukan sesuatu, anda akan lebih memperhatikan hasil dari riset anda. Tentunya ini akan berdampak baik untuk bisnis anda.

Jadi bagaimana, anda sudah tertarik? Untuk melakukan riset pemasaran anda bisa melakukannya secara internal, dengan mengadakan riset secara pribadi dan melakukan segala halnya sendiri. lebih menghemat budget yang ada, namun akan sangat menguras banyak waktu anda. karena itu anda bisa mempertimbangkan jasa lembaga riset pemasaran, tentunya akan lebih menghemat waktu anda, tetapi perhatikan juga dana yang ada. Semua pilihan ada ditangan anda. Sekian tentang riset pemasaran dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *