Membuat Proposal Usaha untuk Wirausahawan Sosial

Baik usaha kecil, menengah ataupun besar, dari bisnis rumahan atau bukan tentunya anda akan membutuhkan pendanaan yang baik. Modal itu sendiri bisa untuk mulai membangun atau untuk pengembangan usaha anda. Tidak dapat dielakkan pendanaan atau modal adalah faktor penting dalam memulai usaha anda. Meskipun bukan yang utama, namun tetap saja sebagian besar bisnis anda akan membutuhkan modal untuk melaju kedepan, modal dibutuhkan untuk melebarkan sayap usaha anda. Berbicara mengenai modal tentunya anda pernah merasa kekurangan penyokong untuk membangun usaha anda.

Nah ketika anda terkendala pendanaan biasanya sebagian besar masyarakat akan mencari pinjaman atau kredit dari bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Namun bayangkan jika hal tersebut tidak tembus alias tidak disetujui? Akankah bisnis anda berhenti di tengah jalan? Jangan dulu. Saat ini anda bisa mempertimbangkan kerjasama dengan pihak investor atau sponsor. Dengan menggunakan cara ini anda bisa meminta bantuan berupa pendanaan usaha secara penuh. Dengan begitu anda bisa membngun usaha anda dengan lancar. Dalam tahapannya anda hanya butuh untuk membuat suatu perjanjian kerjasama atau dalam bentuk proposal usaha.

Sayangnya sebagian masyarkat belum mengetahui bagaimana membuat suatu proposal usaha yang baik dan benar menurut aturan resmi. Memang susah gampang untuk membuat suatu proposal usaha. Anda harus benar-benar menuliskan segala hal tentang usaha anda secara jelas dan rinci. Mulai dari bagian operasional, manajemen usaha sampai masalah keuangan. Masalah kesulitan dalam membuat proposal bisnis ini tidak hanya dikeluhkan oleh pelaku usaha yang kruang beruntung tidak mendapatkan pendidikan formal namun mereka yang mengenyam bangku pendidikan juga mengaku kesulitan dalam membuat proposal bisnis tersebut. Lalu bagaimana dengan anda? jangan khawatir jika anda juga memiliki masalah yang sama, kali ini kita akan membahas mengenai pembuatan proposal yang benar untuk suatu bisnis yang akan digunakan untuk bekerja sama dengan pihak investor atau sponsor. Simak penjelasannya setelah ini ya.

Untuk membuat suatu proposal usaha anda perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari penjelasan abstrak, isi, kesimpulan sampai penutupan. Misalnya dalam bodi pendahuluan yang merupakan bagian perkenalan secara umum mengenai usaha anda. anda dapat menjelaskan latar belakang bisnis anda, visi dan juga misinya. Selanjutnya anda akan membuat profil dari usaha anda, hal ini mencakup jenis bisnis yang anda geluti, nama perusahaan sampai lokasi perusahaan anda. Dalam bab ini anda juga bisa menyebutkan susunan posisi dalam bisnis anda, siapa CEO dan jajaran anda. terkesan sangat formal bukan? ya memang dituntut seperti itu, anda bisa mulai menyiapkannya mulai sekarang ya.

Untuk bab selanjutnya adalah penjelasan mengenai produk anda. Bergerak dalam bidang apa, jenis dan kegunaan. Berikan juga analisis SWOT yang akan menambah kuat proposal anda. ingatlah bahwa para investor dan sponsor akan menilai dari kesiapan usaha anda. Semakin rinci dan jelas tentunya akan menambah nilai usaha anda. Selanjutnya adalah target pasar yang akan anda tuju. Siapa sajakah orang-orang yang akan membeli produk usaha anda. Yang terakhir adalah laporan keuangan, bab ini menjelaskan tentang bagaimana simulasi kebutuhan usaha anda. Jangan lupa untuk menjelaskan secara rinci. Untuk lampiran, sebaiknya anda melampirkan CV atau biodata selaku pembuat usaha. Hal ini penting sebagai bahan pendukung proposal usaha anda. Sekian penjelasan mengenai proposal usaha kali ini, salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *