Berikut Cara untuk Melakukan Peminjaman Uang untuk Usaha Anda

Banyak dari kita yang memiliki ide dan inovasi bisnis untuk usaha kita, namun terhalang oleh modal atau dana yang diperlukan. Jangan khawatir, karena saat ini anda bisa mendapatkan sumber dana yang anda butuhkan dimana saja.

Wah, bagaimana maksudnya? Sekarang, sudah banyak bermunculan badan, lembaga sampai perusahaan yang menyediakan layanan peminjaman uang. Layanan peminjaman uang ini untuk menutupi kebutuhan yang semakin besar entah itu untuk pembuatan usaha, kebutuhan pendidikan, kesehatan ataupun lainnya. Jika anda belum mengerti bagaimana langkah- langkah untuk meminjam uang, simak artikel berikut ini.

Untuk meminjam uang ke Bank ataupun lembaga lainnya, anda perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratannya. Jadi, tidak sembarangan hanya membawa KTP ataupun identitas saja. Karena hal ini behubungan dengan jumlah uang yang cukup besar. Lalu apa sajakah dokumen yang harus disiapkan? Lihat dibawah ini:

  1. Foto Copy KTP

  2. Kartu tanda penduduk atau KTP perlu anda siapkan, jangan lupa untuk menggandakannya ya. Siapkan saja 3x fotocopy KTP. Pastikan bahwa identitas anda sesuai dengan yang ada di KTP, karena hal ini akan mempengaruhi data yang akan dimasukkan pihak peminjam.

  3. Foto Copy KK

  4. Kartu keluarga, hal ini penting untuk melihat berapakah tanggungan sanak keluarga anda. Jangan khawatir segala dokumen yang akan anda berikan tidak akan bocor kemanapun. Hanya untuk kepentingan pemberi pinjaman.

  5. Foto Copy Akte Nikah

    ?li>
    Jika anda sudah menikah, lampirkan pula foto copy surat atau akte nikah anda. Hal ini berhubungan dengan jaminan yang akan anda garansikan kepada pihak pemberi pinjaman.

  6. Buku Tabungan

  7. Buku tabungan berfungsi sebagai pengecek berapakah harta anda selama 3 bulan sebelumnya. Hal ini untuk memastikan apakah anda sanggup melunasi hutang yang anda minta.

  8. Jaminan

  9. Jika pihak pemberi pinjaman merasa anda perlu memberikan jaminan untuk dana yang dipinjamkan. Maka anda perlu memberikan jaminan apakah yang akan anda berikan. Bisa jadi alat transportasi anda, surat rumah atau surat tanah. Semua harus miliki pribadi. Tentu saja untuk meminimalisir segala sesuatu yang tidak diinginkan seperti, penipuan.

  10. Slip Gaji

  11. Yang terakhir adalah slip gaji. Hal ini untuk melihat seberapa pemasukan anda, sehingga pihak pemberi pinjaman dapat menghitung estimasi anda dalam pengembalian dana yang sudah dipinjam. Biasanya, anda akan diminta slip gaji selama 3 bulan terakhir. Jika anda tidak memiliki sip gaji, minta saja keterangan dari atasan anda. jika masih tidak punya, anda bisa memberikan bukti pendapatan anda setiap bulannya.

Wah, bagaimana sudahkah anda menyiapkan semua itu? Jikalau ada yang belum lengkap segera urus dan lengkapi. Setelah anda menyiapkan segala dokumen yang dimaksud apa yang harus kita lakukan selanjutnya?

Pada hari yang sudah anda tentukan, gabung seluruh dokumen di sebuah map untuk memudahkan anda. Cek kelengkapan semua berkas anda sebelum berangkat. Sampai ditempat, segera ambil nomor antrian ke bagian registrasi. Anda akan dibantu bagaimana cara mengajukan peminjaman. Setelah anda mengumpulkan berkas yang diminta, tahap selajutnya adalah menunggu pengecekan oleh pihak pemberi pinjaman. Bisa jadi proses berlangsung selama ebberapa hari. Jangan khawatir, normal kok. Nah setelah anda mendapatkan keputusan atas kelengkapan dokumen, anda akan dihubungi via telepon oleh pihak pemberi pinjaman. Apakah pinjaman anda disetujui atau tidak.

Bagaimana, sudah jelas bukan? Selamat berusaha dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *