Petani Muda Keren Ini Ajak Kamu Dukung Ibu-ibu di Sleman, Modalnya Kurang Sedikit Lagi!

image

Buat Asri Saraswati, hari Senin nggak pernah jadi monster. Baginya, Senin sama serunya seperti Jumat atau hari lain: waktu berharga untuk berdaya bersama ibu-ibu kelompok tani di Dusun Sendangrejo, Sleman, Yogyakarta. Sudah setahun terakhir ini dia pindah ke Sleman dan meninggalkan Jakarta, termasuk gaya hidup classy ala profesional muda seumurannya.

Di Sleman, Asri dan tiga temannya mendampingi ibu-ibu rumah tangga agar bisa membuat emping berkualitas tinggi di bawah payung bisnis sosial rintisannya, Agradaya. Nggak cukup sampai di sini, mereka juga mendampingi sampai pengemasan dan distribusi hasil produksi ke konsumen. Ternyata produk Agradaya diminati banyak orang dan permintaan terus naik sampai 300 kg per minggu padahal kapasitas produksi masih terbatas, hanya sepertiganya.

Untuk meningkatkan produksi, Asri berencana untuk membuat alat pengering emping bertenaga matahari (solar dryer). Dengan alat seharga Rp 25 juta ini, selain proses pengeringan jadi lebih cepat juga akan lebih higienis dibandingkan dijemur biasa. Nah, Asri butuh dukungan kita untuk meminjamkan modal pembuatan solar dryer ini.

Masih belum yakin buat kasih pinjaman untuk Agradaya? Baca deh empat alasan ikut dukung bisnis sosial keren satu ini.

Dimiliki bersama
 

Agradaya sebagai bisnis sosial punya konsep perusahaan komunitas. Jadi, ibu-ibu pengemping yang bergabung di dalam kelompok tani ini bukanlah buruh upahan yang hidupnya stagnan sampai bertahun-tahun. Asri merancang nanti ibu-ibu ini pun punya “saham” di Agradaya, sehingga mereka juga bisa menikmati keuntungan perusahaan yang terus tumbuh ini.

Investasi untuk pendidikan

Perempuan jebolan Indonesia Mengajar yang pernah mengajar setahun di pedalaman Muara Enim ini percaya kalau pendidikan terlalu berharga untuk dinikmati sendiri. Asri melihat, ibu-ibu pengemping di Sendangrejo punya harapan besar tentang masa depan anak-anaknya. Hanya saja, keterbatasan ekonomi membuat mereka nggak berani bermimpi tinggi. Karena itu dia mengajak mereka bergabung dengan Agradaya agar lebih produktif. Setelah memiliki penghasilan tambahan dari membuat emping, mereka mampu menabung untuk kebutuhan biaya sekolah anaknya.

Emping Sleman naik kelas


Pernah masuk supermarket kece semacam Kemchick atau Farmer’s Market? Perhatikan deh deretan rak bahan makanan khas Indonesia yang berada di bawah label Javara. Emping yang dijual di sana itu hasil keuletan ibu-ibu Sendangrejo! Kualitas produk binaan Agradaya sudah diakui sampai konsumen kelas premium dan permintaannya terus naik.

Kurangnya tinggal sedikit lagi
!

Setelah di-launching 2 bulan lalu, kita sudah berhasil mengumpulkan Rp 20 juta untuk solar dryer Agradaya. Kurang Rp 5 juta lagi nih! Kalau kamu dan 99 orang lainnya skip satu kali ngopi-ngopi centil seharga mulai Rp 50 ribu untuk Agradaya cukup loh buat beli solar dryer itu. Gampang kan?

Nah, tunggu apa lagi? Kebutuhan solar dryer ini semakin dinantikan ibu-ibu Sendangrejo loh, yuk segera kasih pinjaman mulai. Selama 24 bulan, pinjaman akan dikembalikan secara cicilan dan uang kamu bisa diputar lagi untuk memodali bisnis sosial lainnya. Segera depositkan pinjaman kamu sekarang karena Senin depan harga naik projeknya ditutup!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *