Bagaimana UKM di Dalam Peraturan Mentri Keuangan?

Sebagaimana kita ketahui bahwa penyerapan tenaga kerja terbesar ada pada bidang kewirausahaan. Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia sendiri tenaga kerja banyak masuk kedalam UKM yang mampu menarik banyak sekali pekerja. Tentunya hal ini adalah kabar baik. Bukan hanya mampu mengurangi tingkat pengangguran di dalam suatu daerah, penarikan tenaga kerja dalam UKM mampu menaikkan perekonomian dalam daerah tersebut. Hal ini cukup baik mengingat tingkat perekonomian yang baik akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan dan juga hal-hal positif lainnya.

Untuk penembangan UKM sendiri, pemerintah sangat ikut andil dan berperan dalam mengembangkan kapasitas UKM untuk masyarakat sekitar. Pada tahun 2015 kemarin saja, pemerintah memberikan fasilitas subsidi bunga dalam pembiayaan ekspor melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini memungkinkan masyrakat untuk mendapatkan kredit rendah dalam proses peminjaman.

UKM merupakan salah satu sektor strategis yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat secara konstan dalam waktu yang cukup signifikan. Nah dukungan pemerintah dalam bentuk Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihrapkan bisa mendukung sustainabilitas perekonomian. Tentunya hal ini merupakan titik positif untuk seluruh pelaku usaha di inodnesia. Baaimana tidak, anda bisa mengajukan hutang untuk memulai usaha ataupun memperluas usaha dengan bunga yang rendah dan tentunya ringan. Dengan kata lain pemberian kredit juga dapat mendukung peningkatan skala usaha dan kapasitas UKM sehingga memiliki kemampuan untuk menjual produk-produknya ke perusahaan dan juga institusi yang lebih besar.

Dari sisi ketahanan, UKM sudah terbukti memiliki kekuatan untuk stabil dalam menghadapi banyak isu global yang sempat menerjang Indonesia. Adanya berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menguatkan sisi UKM berimbas kepada daya tahan dari UKM tersendiri. Saat ini pemerintah yang terspesifikasi pada kementrian keuangan memberikan upaya edukasi dan juga pembinaan keapda masyarakat Indonesia. Hal ini penting untuk mendukung terus laju gerak perkembangan dari pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Kedepannya, UKM indonesia tetap membutuhkan dukungan penuh dari pemerintah untuk terus mengembangkan UKM Indonesia. Bukan hanya dalam sisi pengembangan UKM saja, namun juga dari segi SDM, dukungan pembiayaan dan juga perluasan akses pasar. Beberapa hal tersebut penting dilakukan secara bersamaan untuk saling bersinergi memusatkan dukungan untuk UKM yang lebih baik lagi. bagaimanapun juga jika hal tersebut tidak saling mendukung satu sama lainnya maka tidak akan ada koneksi yang akan mampu mengembangkan UKM Indonesia secara signifikan.

Tentunya dukungan untuk memperkuat UKM Indonesia tidak akan terlaksana jika masing-masing pihak antara masyarakat dan pemerintah tidak saling berkomunikasi. Oleh karena itu, penting untuk kedua belah pihak saling memberikan aspirasi demi kemajuan bersama. Dua sisi haruslah saling mempengaruhi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Terus ikuti perkembangan dukungan pemerintah untuk UKM indonesia. Bersama-sama saling mengontrol akan lebih baik daripada harus mengajukan kritik saat terjadi masalah. Bagi anda para pelaku usaha jangan lupa untuk tetap melihat perkembangan yang ada dan jangan lupa untuk memanfaatkan segala peluang yang ada sebaik-baiknya. Gunakan semua kemudahan yang diberikan oleh pemerintah. Dengan begitu akan semakin membuat usaha anda memiliki peningkatan yang signifikan. Tentunya anda bisa menanyakan perihal usaha anda kepada orang yang anda anggap memahami. Salam suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *