Berbisnis Sambil Membangun Lingkungan

Mempunyai pendapatan dari bisnis tambahan memang menjadi impian bagi hampir semua orang. Anda memiliki pekerjaan tetap yang memberikan penghasilan teratur di setip bulannya juga tambahan pendapatan dari hasil bisnis tambahan anda. kedengarannya sangat menggiurkan bukan? Untuk anda yang memang sedang fokus untuk mencari tambahan pendapatan dengan mengandalkan bisnis tambahan, sebaiknya anda mulai mencari tahu bisnis apakah yang kira- kira akan anda ambil.

Wirausaha sosial memang dianggap sebagai jenis bisnis yang akan sangat mendominasi Indonesia beberapa tahun ini. Kewirausahaan sosial berbeda dengan kegiatan sosial pada umumnya, usaha ini lebih berorientasi kepada pendapatan tetap namun tetap memiliki tujuan untuk ikut mengembangkan masyarakat sekitar. Arti sederhananya adalah mereka membuat suatu usaha untuk mencari profit namun mereka memiliki misi untuk membangun lingkungan sekitar.

Sedikit mirip dengan sistem CSR (Corporate Social Responsibility) atau yang biasa kita kenal sebagai bantuan dari suatu perusahaan untuk mengembangkan daerah sekitarnya. Kegiatan usaha seperti itu dirasa sangat memberikan manfaat dan peran besar untuk merubah lingkungan kearah yang lebih baik lagi. Lalu apa sajakah cara menjadikan peluang bisnis tambahan bisa memberikan efek untuk masyarakat di sekitar anda:

  1. Berikan kursus dan seminar

  2. kursus
    Dengan memberikan pelatihan-pelatihan mengenai suatu keahlian atau keterampilan kepada lingkungan sekitar anda seperti ibu-ibu rumah tangga ataupun anak-anak yang putus sekolah berarti anda memberikan harapan baru kepada mereka. Dengan rutin mengajari hal baru kepada mereka secara tidak langsung anda memberikan pendidikan non formal yang tentunya sangat membantu mereka.

    Melalui hal kecil yang anda sebarkan dan tularkan kepada mereka, banyak hal yang akan berubah kearah yang lebih baik tanpa kita sadari. Ketika salah satu orang bisa menguasai suatu keterampilan, ia akan mengajarkannya kepada anak dan saudara dekatnya.

    Misalkan anda memiliki bisnis meubel yang cukup besar. Anda bisa mengajari orang- orang disekitar anda mengenai bagaimana cara mengolah kayu menjadi suatu barang seni, atau bagaimana cara mengatur keuangan dalam suatu usaha. Hal- hal yang menurut kita biasa saja terkadang berarti lebih bagi orang lain.

    Inilah yang disebut sebagai siklus edukasi yang efektif. Ketika semua saling mengajari hal baru, akan semakin banyak orang yang bisa diandalkan. Setelah itu mereka bisa memanfaatkan pengetahuan mereka untuk menciptakan usaha- usaha baru.

  3. Berdayakan lingkungan sekitar anda

  4. lingkungan-rumah
    Manfaatkan lingkungan sekitar anda untuk membantu anda menjalankan usaha anda. ketika anda meminta mereka membantu anda, mereka akan ikut belajar bagaimana membuat suatu usaha. Anda juga tidak perlu membayar biaya transportasi mereka. Ajak ibu- ibu rumah tangga yang ingin mendapat pengahasilan tambahan untuk membantu usaha anda.

    Ketika lingkungan anda memiliki perputaran ekonomi yang baik, dalam jangka kedepan akan membuat lingkungan anda menjadi lingkungan terdepan yang berdaya guna tinggi. Ingatlah bahwa anda tidak perlu langsung mengerjakan hal besar untuk merubah dunia. Cukup pastikan lingkungan anda baik dengan melakukan hal- hal kecil secara konstan, rutin dan serius.

    Ciptakan gerakan anda sendiri, carilah orang- orang potensial yang kira- kira dapat mendukung anda melakukan hal – hal kecil berefek besar untuk lingkungan anda. ketika lingkungan anda sudah berubah baik, maka efek yang diciptakan akan menyebar dan meluas. Bagaimana sudah siapkah anda menjadi agen perubahan untuk lingkungan anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *