Nelayan Makin Sejahtera di Banten

Pelangi Viridis adalah gabungan nelayan yang bergerak di bidang budidaya dan penangkapan kerang hijau di Kampung Baru Bugis, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen,kota Serang, Banten. Sementara para nelayan ini memenuhi permintaan dari industri kuliner di wilayah Banten dan sekitarnya, mereka memiliki impian untuk menjadi pemasok kerang hijau terbesar di Indonesia. Kerang hijau di perairan Teluk Banten telah diuji di Laboratorium Prolink-IPB dan LP2IL Provinsi Banten, yang menyatakan bahwa kerang ini aman dikonsumsi.

Livson Zulkah yang memprakarsai Pelangi Viridis berasal dari sebuah desa terpencil di Jambi. Ia memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi dan banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di program-program sosial. Salah satu terobosan yang ia buat adalah menerapkan koperasi produktif untuk meningkatkan produktivitas para nelayan. Ia juga aktif menggalakkan edukasi konsumsi kerang dan produk ikan dalam rangka menawarkan nutrisi alternatif untuk masyarakat Indonesia.

Pada akhir tahun 2015, Pelangi Viridis mengajukan pinjaman melalui GandengTangan. Dengan tambahan modal Rp 16.375.002 dari 27 orang, Pelangi Viridis berhasil memiliki kapal sendiri untuk melaut, yang biasanya harus menyewa. Penghematan ongkos sewa ini dialihkan menjadi peningkatan pendapatan bagi para pekerja. Selain membuat kapal, sisa pinjaman digunakan untuk membuat bagan budidaya kerang.

Saat ini ada 1 orang yang bekerja tetap untuk Pelangi Viridis.Terdapat 5 orang nelayan yang dikarenakan kepemilikan kapal dan bagan yang semakin luas, mereka mendapatkan penghasilan tambahan sekitar Rp 4juta per bulan. Terakhir, 20an orang wanita yang bertugas saat panen, mendapat penghasilan Rp 100ribu-350ribu per bulan.

Permintaan kerang dari berbagai daerah tentu berdampak positif bagi Pelangi Viridis. Dari investasi Rp 30juta, para nelayan dan pekerja lainnya mendapat keuntungan ekonomi dan sosial, yang setara dengan Rp 319juta.Artinya, dari setiap pinjaman Rp 50ribu yang Anda berikan, tercipta dampak sosial sebesar Rp 500ribu. Ingin berpartisipasi dalam peningkatan ekonomi sosial bagi para pejuang komoditi Indonesia? Pilih proposal yang telah dijamin oleh GandengTangan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *