Proyeksi Usaha Konveksi Batik

Siapa yang tidak membutuhkan batik? Saat ini batik merupakan kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh semua kalangan untuk dikenakan di berbagai acara. Tidak hanya dipakai untuk acara formal, sekarang batik sudah biasa terlihat di berbagai jenis acara umum di setiap harinya. Kebutuhan baju batik juga beragam, mulai dari anak, remaja sampai dewasa, semua memerlukan pakaian batik untuk kegiatan mereka.

Batik sendiri memiliki 2 tipe pembuatan yaitu batik tulis dan batik cap, untuk motif batik memiliki tipe yang sangat beragam. Mulai dari yang sederhana sampai motif rumit yang sangat menarik. Tentunya ini adalah peluang bagus bagi anda yang sedang mencari ide untuk mendirikan suatu bisnis. Membuka usaha baju batik memang terdengar cukup menggiurkan bukan?

Jika anda tertarik untuk mencoba membuat konveksi batik dalam skala yang kecil, berikut tips- tipsnya.

  1. Gunakan rumah anda

  2. pakai-rumahmu
    Saat ini anda tidak memerlukan modal besar untuk membuat konveksi batik impian anda. Mulailah memproduksi baju batik di rumah anda sendiri. Banyak keuntungan yang akan dapatkan, salah satunya adalah tidak perlu membayar uang sewa dan juga fasilitas lain.

    Saat ini fokuskan pikiran anda untuk mendekor bagian rumah anda yang akan digunakan untuk menjadi ruang konveksi. Siapkan tempat untuk alat jahit, meja pemotongan, tempat untuk packing dan juga tempat untuk pakaian yang sudah jadi. Sediakan pula alat- alat dan perlengkapan yang dibutuhkan. Setelah nanti bisnis anda bertambah besar tentunya pemasukan juga bertambah, saat itulah anda harus mulai menyewa atau membangun gedung baru untuk kebutuhan usaha konveksi batik anda.

  3. Rekrut orang sekitar

  4. orang-sekitar
    Anda mungkin saja sanggup mengerjakan pesanan produk sendirian, namun pertimbangkan juga keefektifan waktu yang anda punya. Pekerjakan orang lain untuk membantu anda menyelesaikan pesanan produk konveksi anda. Jika anda berada di area perkampungan tentu akan mudah mencari orang yang bisa membantu anda, berbeda jika rumah anda berada di kawasan perumahan atau apartemen.

    Siapkan brosur lowongan untuk mendapatkan orang yang sesuai dengan tugas di konveksi milik anda. Dengan memperkerjakan orang yang ada disekitar rumah, anda bisa menghemat biaya transportasi mereka. Selain itu anda juga turut serta memberdayakan masyarakat sekitar, menarik bukan ketika anda berwirausaha namun juga memberikan efek positif bagi lingkungan anda. Bagaimana anda tertarik?

  5. Desain dan pasarkan lewat internet

  6. onlinekan
    Peka akan kemauan pasar memang selalu menjadi acuan produsen. Maka dari itu selalu lakukan uji pasar dengan memperhatikan dan mencari model apa saja yang sedang menjadi tren dimasyarakat. Ketika melakukan survey jangan lupa untuk selalu menyesuaikan juga dengan target pasar anda. Kini saatnya anda memasarkan hasil konveksi anda. tidak perlu menggunakan strategi pemasaran besar. Cukup gunakan taktik lokal yang bisa mebawa efek luas. Salah satunya adalah kekuatan sosial media. Jika anda ingin menghemat biaya pemasaran hingga ke titik minimum, sosial media adalah jawabannya. Buatlah suatu toko online yang menjual barang- barang produksi dari konveksi anda.

    jangan lupa untuk mencari kerjasama dengan beberapa toko lain untuk memasarkan produk anda dan buat kesepakatan yang saling menguntungkan. Dengan menggunakan sistem shout for shout (SFS) antar toko online lain, anda bisa mempromosikan barang anda dengan jangkauan yang lebih luas. Jika anda menginginkan cara lain, coba cari beberapa toko atau butik sebagai tempat untuk menawarkan produk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *