Memulai Bisnis dengan Modal Usaha yang Kecil

Banyak masyarakat di sekitar kita yang mempunyai pandangan bahwa membuat suatu usaha membutuhkan modal yang besar. Entah itu bisnis sosial ataupun bisnsi lainnya. Padahal, tidak semua usaha membutuhkan dana super besar dan berlebihan. Jika anda teliti lagi, anda dapat membangun banyak sekali ide usaha lain dengan modal kecil malah hampir tidak membutuhkan dana. Bagaimana, menarik bukan? Kira- kira bagaimanakah bisnis yang tidak membutuhkan banyak dana? Simak artikel ini sampai habis ya.

Sebenarnya banyak inovasi bisnis yang bisa anda usahakan dan kembangkan melalui cara- cara yang tidak anda duga sebelumnya. Anda bisa bergabung bersama teman-teman anda untuk membangun sebuah bisnis bersama. Jika anda merasa sudah memiliki partner bisnis yang anda percaya, jangan ragu lagi. Namun jika anda belum mempunyai rekan bisnis, sebaiknya bangun usaha anda sendiri. Jika belum ada yang bisa anda percaya, maka jangan terburu-buru. Mengapa? Dunia bisnis sangat rawan, anda tidak bisa dengan mudah mempercayai orang begitu saja.

Jikalau anda merasa membangun usaha sendiri terlalu berat ataupun anda rasa modal yang dibutuhkan sangat besar. Gunakan cara lain. Seperti misalnya dengan cara mengajukan proposal peminjaman kepada sebuah lembaga atau bank. Apalagi jika anda memang bergerak dalam usaha sosial yang melakukan usaha untuk menyelesaikan permasalahan sosial, bukan hanya untuk keuntungan semata. Selain mendapatkan dukungan finansial anda juga akan mendapatkan mentoring atau panduan tentang bagaimana menggerakkan usaha yang baik.

Pernahkah anda berpikir kearah peminjaman uang? Apa yang terlintas di benak anda saat memiirkan peminjaman uang? Tentunya anda akan langsung menanyakan berapa bunga yang akan dibayarkan bukan? Karena rata-rata badan peminjaman uang, memiliki tingkat bunga yang cukup tinggi. Nah berbeda jika anda mencari badan, lembaga atau perusahaan yang bergerak dalam bidang social enterprise. Jika anda memiliki ide bisnis yang bisa memberikan dampak kepada lingkungan sekitar anda, tepat bagi anda untuk mengajukan proposal kepada pihak terkait. Salah satunya adalah Gandengtangan.org yang memang ditujukan untuk Wirausaha Sosial. Jika sesuai dengan anda, segera cek persyaratan yang diminta. Jika anda tertarik dengan GandengTangan, berikut adalah persyaratan yang harus anda penuhi. Wirausaha sosial yang bisa jadi Peminjam GandengTangan:

  • Usaha yang sudah beroperasi minimal 6 bulan
  • Usaha yang memiliki tujuan utama untuk memberikan dampak sosial, bukan hanya mencari profit semata.
  • Memiliki model bisnis dan alur pemasukan yang jelas
  • Tidak dalam posisi kredit macet atau bangkrut

Lalu apakah yang dimaksud dengan dampak Sosial yang bisa memberikan efek kepada masyarakat? Maksudnya di sinisadalah, usaha anda bisa memberdayakan yang kurang beruntung. Anda bisa mengajak lingkungana anda turut serta untuk mendapatkan pendapatan melalui usaha anda, dengan kata lain anda menciptakan lapangan pekerjaan.

Selanjutnya adalah bisnis anda melayani kebutuhan dari mereka yang tidak terlayani, berarti bisnis anda menyediakan barang atau jasa bagi mereka yang kesusahan atau kurang memiliki akses untuk mendapatkannya. Terakhir, bisnis anda mengurangi dampak negatif lingkungan dan sosial.

Bagaimana cukup jelas bukan? Jika kurang jelas anda bisa langsung mengunjungi laman GandengTangan.org untuk mendapatkan aneka informasi yang anda butuhkan. Berikut tadi adalah penjelasan mengenai modal usaha untuk membangun bisnis sosial anda. semoga artikel ini dapat membantu anda mengembangkan usaha anda dan bisa menjadi bahan inspirasi untuk anda. salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *