Menjamur di Maros Bersama Celebes Mushroom Farm

Sulawesi Selatan, sebenarnya punya segudang kuliner khas yang dicintai oleh masyarakat Indonesia dimana-mana. Tapi Bu Mardiana, yang saat ini tinggal di Dusun Sampakan, Desa Simbang, Kec. Simbang, Kabupaten Maros; masih melihat peluang untuk produk kuliner baru.

Tahun 2010, Bu Mardiana menjatuhkan pilihannya pada budidaya jamur. Sesuatu yang jarang diketahui oleh masyarakat Sulawesi Selatan, terutama kalangan menengah ke bawah yang tentunya memiliki keterbatasan dalam hal pilihan bahan makanan.

Melalui budidaya jamur yang diberi nama Celebes Mushroom Farm, Bu Mardiana memperkenalkan jamur sebagai alternatif. Masyarakat yang tertarik, bisa belajar bersama Bu Mardiana – beliau menyediakan bibit, dan masyarakat menyediakan lumbung untuk produksi jamur di rumah masing-masing. Setelah panen, hasilnya dikembalikan ke Bu Mardiana dan mereka akan berbagi keuntungan.

Melalui cara ini, Bu Mardiana telah membantu masyarakat sekitar memiliki penghasilan, karena biasanya para pengangguran ini akan lebih aktif dalam kegiatan yang negatif. Setelah menjadi pekerja di tempat Bu Mardiana, energi mereka dapat teralihkan untuk hal-hal yang lebih positif. Bonusnya, mereka memiliki penghasilan dan pengetahuan baru.

Di sisi eksternal, Bu Mardiana juga mengedukasi pengusaha kuliner untuk melebarkan sayap, berinovasi dengan produk kuliner berbahan dasar jamur. Setelah beberapa tahun berdiri, sekarang Bu Mardiana harus menghadapi para pembeli yang siap mengantri untuk produk jamur segar dari Celebes Mushroom Farm. Bahkan, beliau dengan berat hati harus menunda beberapa pengusaha yang siap menjajakan jamur crispy karena produktivitas yang terbatas.

Oleh karena itu, Gandeng Tangan – dengan bantuanmu darimu, tentu saja – ingin mendukung pemberdayaan ekonomi di Dusun Sampakan, Desa Simbang, Kec. Simbang, Kabupaten Maros. Kamu bisa mendukung Celebes Mushroom Farm, agar mereka bisa mengembangkan ruang produksi media tanam, kumbung/rumah jamur, ruang pelatihan dan tempat pengolahan limbah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca deskripsi project Celebes Mushroom Farm di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *