Tips Mengelola Keuangan dengan Cermat

Seringkah anda merasa tidak memiliki keterampilan mengatur keuangan anda? Penghasilan yang anda terima cukup tinggi namun anda tidak tahu kemana perginya. Jika anda memiliki masalah yang sama, kali ini adalah kesempatan anda untuk mendapatkan pembahasan bagaimana mengelola keuangan anda. Sebenarnya memiliki penghasilan rutin atau tidak, anda dituntut untuk menggunakannya secara bijak. Beberapa kiat di bawah ini bisa menjadi cara anda untuk mengatur uang secara cermat. Apa saja kiatnya, perhatikan di bawah ini:

  1. Menabung

  2. menabung
    Usahakan untuk selalu menjadikan tabungan yang terpenting di atas segalanya. Dahulukan untuk menabung dengan cara memisahkan beberapa persen dari penghasilan anda untuk ditabung. Tabungan adalah investasi hari depan sekaligus bisa menjadi dana tidak terduga. Menabung juga bisa dilakukan dengan cara memotong beberapa anggaran yang dinilai tidak terlalu penting. Misalnya anda mempunyai kebiasaan untuk membeli pakaian yang sedang menjadi tren setiap satu minggu sekali, ubahlah kebiasaan tersebut menjadi satu bulan sekali jika perlu atau bahkan belilah pakaian-pakaian yang anda butuhkan. Lebih baik anda melakuan banyak mix-up dengan pakaian yang anda miliki. Setelah menabung, anda bebas untuk mengalokasikan sisa pendapatan anda untuk hal lainnya yang tentunya sesuai kebutuhan anda.

  3. Buat daftar pengeluaran

  4. daftar kebutuhan
    Dengan menuliskan apa saja yang dibutuhkan di setiap bulannya akan mengurangi peluang anda untuk boros alias membeli sesuatu yang kurang penting. Tulis kebutuhan anda mulai dari perlengkapan mandi, makan, transportasi sampai komunikasi. Jika bisa, bedakan pengeluaran per minggu, per bulan dan per tahun. Dengan begitu anda bisa lebih detail dan teliti untuk mengeluarkan uang anda.

  5. Tentukan prioritas

  6. prioritas
    Bedakan keperluan yang benar-benar mendesak dan penting. Menentukan prioritas kebutuhan yang anda perlukan sangat membantu meminimalisir pengeluaran yang tidak terlalu penting. Anda juga bisa menghindari pembelian kebutuhan semu yang hanya anda inginkan namun tidak terlalu anda butuhkan. Bagi kebanyakan orang kebutuhan semu memakai sebagian besar uang anda. Gunakan saja trik ini, jangan langsung membeli barang yang anda inginkan tunggu saja seharian. Apabila keesokan harinya anda tetap memikirkannya berarti anda benar-benar membutuhkan barang tersebut tentunya anda akan melakukan segala upaya untuk kembali lagi ke toko tersebut.

  7. Bandingkan pendapatan dan pengeluaran

  8. pendapatan pengeluaran
    Dalam perencanaan keuangan, anda harus melihat pendapatan dan keuangan haruslah sinkron. Jangan sampai pengeluaran anda melebihi pemasukan yang anda terima. Cek terus nominal pengeluaran anda setiap minggunya dan cocokkan dengan pemasukan anda. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang tidak terlalu penting. Dengan begitu seluruh pembelian anda akan terkontrol.

  9. Cek secara konsisten

  10. konsistensi
    Pantau terus alur pengeluaran dan pemasukan anda secara konsisten. Terus lakukan kiat di atas sehingga hasilnya pun akan terlihat dengan baik. Jangan hanya melakukannya di bulan-bulan awal saja. Tentunya tidak akan membawa perubahan yang signifikan. Ubah beberapa hal yang diperlukan sehingga anda memiliki banyak alternatif lain.

Itulah trik yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan anda secara tertib. Satu hal yang penting anda ingat bahwa kejujuran adalah faktor utama yang harus anda lakukan. Tanya kepada diri anda apakah barang akan anda beli benar-benar dibutuhkan atau tidak. Jangan sampai membuat banyak kelonggaran dalam pengeluaran anda karena hal ini yang akan menggagalkan rencana keuangan anda. Selalu semangat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *