Tips Mengelola Keuangan dengan Cermat

Semua orang ingin mempunyai keamanan finansial yang dapat membuat hidup mereka sejahtera. Mulai dari keamanan sandang, pangan sampai papan mereka siapkan untuk menyiapkan hari-hari ke depan. Namun tidak semua orang mengetahui bahwa keamanan finansial itu dibentuk bukan didapat. Maka dari itu anda semua harus memahami bagaimana cara terbaik untuk mengelola keuangan. Dengan pengelolaan yang baiklah finansial yang kuat dan terstruktur dapat diciptakan. Dengan begitu keamnan finansial bisa anda dapatkan tanpa harus memusingkan bagaimana cara mendapatkannya. Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang harus anda ikuti untuk mengelola keunagan anda. Jangan hanya dibaca namun perhatikan dan aplikasikan kedalam kehidupan anda sehari-hari ya. Simak pembahasannya di bawah ini:

  1. Saving

  2. saving

    Untuk menciptakan keseimbangan pengeluaran anda. Oleh karena itu seelum anda mulai menggunakan penghasilan anda untuk kebutuhan lain. Sebaiknya anda mengalokasikan beberapa persen penghasian anda untuk investasi atau tabungan. Anda harus menyimpan uang anda untuk suatu kebutuhan mendadak yang tidak bisa anda prediksikan.

  3. List semua kebutuhan anda

  4. list kebutuhan

    Penting untuk anda menuliskan semua kebutuhan yang anda butuhkan. Anda harus mencatat semua kebutuhan dalam satu bulan ke depan. Apa fungsinya? Dengan begitu anda bisa memantau apa saja kebutuhan mulai dari primer dan sekunder. Selain itu, anda juga bisa melihat berapa pengeluaran yang harus anda siapkan. Dengan begitu anda bisa menyiapkanya jauh-jauh hari. Jangan ada yang tertinggal, jika perlu bedakan antara kebutuhan mingguan dan bulanan. Hal ini mengantisipasi anda untuk membeli kebutuhan yang tidak penting dan tidak perlu. Anda bisa lebih menghemat pengeluaran anda dengan melakukan listing sebelum berbelanja seperti ini.

  5. Buat skala prioritas

  6. prioritas2

    Lakukan filterisasi dengan memecah kebutuhan anda mulai dari kebutuhan sangat penting, penting dan tidak terlalu penting. Kegunaan dari pemisahaan kebutuhan adalah mengetahui kebutuhan manakah yang harus anda prioritaskan. Mengatur pembelian kebutuhan seperti dapat membantu anda untuk belajar mengendalikan pengeluaran. Setelah anda mendahulukan pembelian barang yang paling penting, barulah kondisikan uang anda untuk membeli barang-barang di level kedua kepentingan anda.

  7. Out < In

  8. pemasukan

    Selalu ingat bahwa pengeluaran anda harus lebih sedkit daripada pemasukan yang anda terima. Ini adalah kunci keamanan finansial yang harus anda pegang teguh. Bila perlu kalkulasikan semua uang anda dalam suatu lajur keuangan. Dengan begitu anda bisa melihat alur debit dan juga kredit yang ada. Melihat debit yang anda punya lebih besar daripada kredit tentunya akan menenangkan diri anda. Jika sampai pengeluaran berlebih jadikan evaluasi untuk bulan selanjutnya ya.

  9. Konsistensikan alur keuangan anda

  10. konsistensi keuangan

    Semua langkah di atas tidak akan ada yang berfungsi dengan baik jika anda tidak melakukannya dengan konsisten. Anda perlu memperhatikan faktor penting dalam mengelola keuangan adalah melakukannya dengan penuh tanggung jawab dan sadar akan kebutuhan di hari esok. Jika perlu, pantaulah siklus keungan anda menggunakan jasa keuangan. Anda bisa mendapatkan banyak tips dan juga pengawasan langsung dari mereka.

Itulah kelima langkah yang bisa anda aplikasikan kedalam kehidupan anda sehari-hari. Yang paling penting adalah ciptakan pola yang baik dalam alur keuangan anda, dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk membuat keputusan seputar keuangan anda. Bagaimana, sudah sampai tahap manakah anda mengatur alur keuangan anda? Tetap semagat dan jangan menyerah ya untuk hidup yang lebih baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *