Mengapa Harus Membantu Pelangi Viridis?

Nelayan berjalan di atas bagan kerang
Nelayan berjalan di atas bagan kerang

Niat baik Livson untuk menyinergikan para nelayan kerang agar mendapat penghasilan yang lebih baik tentu harus diapresiasi. Pernah bergerak di program CSR beberapa perusahaan, Livson justru ingin bergerak secara mandiri untuk membantu sesamanya.

Berikut ini adalah 3 alasan sederhana mengapa kita harus membantu Pelangi Viridis:

Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Setempat

Berangkat dari keprihatinannya terhadap para nelayan yang hanya menjadi buruh nelayan, Livson bersama Pelangi Viridis mengajak para nelayan tersebut untuk menjadi nelayan yang mandiri. Di sini mereka bisa mengurus bagan yang dikelola secara pribadi dengan sistem bagi hasil.

Dalam setiap bagannya, para nelayan bisa memanen 5-6 ton kerang hijau. “Per kilonya dihargai Rp 1200— tapi kerangnya belum diberishkan. Ini bisa beda kalau sudah dikupas dan dibersihkan,” ungkap Livson.

Memacu Gairah Budi Daya Kerang Hijau

Memperkecil ongkos pembelian alat dan bahan pembuatan bagan adalah bagian dari tujuan Pelangi Viridis. Dengan minimnya ongkos yang dikeluarkan, maka akan semakin mudah pula bagi warga setempat atau siapapun yang ingin berinvestasi kerang hijau. “Pelangi Viridis mencoba memotong mata rantai distribusi bahan baku. Sehingga lebih murah,” Ujar pria asli Jambi ini.

Menciptakan Masyarakat yang Mandiri

Jika ditotal secara keseluruhan, baik para nelayan dan ibu-ibu istri nelayan yang mengupas kerang saat ini sudah berjumlah 100 orang. “Hampir setengah RT rata-rata penduduknya nelayan dan pengupas kerang hijau,” kata Livson.

Jumlah tersebut akan menjadi semakin banyak mengingat salah satu tujuan didirikannya Pelangi Viridis adalah untuk meminimalisir biaya pembuatan bagan. Yang artinya Pelangi Viridis membuka peluang bagi siapapun untuk bergabung menjadi nelayan kerang hijau. Dengan banyaknya orang yang bergabung menjadi nelayan, makin terbuka lebar pula kesempatan para ibu-ibu lainnya untuk bekerja.

Livson bersama Pelangi Viridis sangat bersemangat untuk memajukan perekonomian masyarakat daerah. Kamu bisa ikut membantunya dengan memberikan pinjaman ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *