Memberikan Pinjaman Dana di GandengTangan, Alternatif Amal yang Tidak Terputus

Barangkali kamu sudah pernah mendengar hadits di bawah ini:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Kalaupun kamu bukan seorang muslim, kamu tentu setuju dengan manfaat yang sangat besar dari ketiga amalan tersebut. Kabar baiknya, jika kamu adalah pemberi pinjaman – atau sedang berencana memberikan pinjaman dana di GandengTangan – ‘sedekah’ yang kamu berikan akan menjadi amal yang tidak terputus.

Ketika kamu mendanai sebuah proposal usaha di GandengTangan, kamu bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sebuah daerah. Apalagi, setiap proposal yang telah dievaluasi oleh GandengTangan dirancang oleh wirausaha sosial yang memiliki komitmen untuk menciptakan perubahan sosial. Setelah komunitas sasaran usaha tersebut mandiri secara finansial, maka mereka akan memiliki kesempatan untuk memperbaiki tingkat pendidikan anak-anak mereka. Sekali menyelam, dua-tiga pulau terlampaui. Bukan hanya sedekah berbentuk pinjaman dana, tapi kamu juga memberikan ilmu kepada mereka secara tidak langsung.

Memberikan pinjaman untuk wirausaha sosial adalah alternatif yang lebih baik, karena menggugah penerima manfaat untuk terus bekerja keras. Donasi memang baik, tapi kadang masyarakat membutuhkan modal dan motivasi untuk menciptakan kemandirian mereka sendiri.

Selain itu, setelah pinjamanmu dikembalikan oleh pemilik usaha, kamu bisa memutar dana tersebut dan mendanai usaha yang lain. Mulai dari Rp. 50.000, kamu bisa meningkatkan pemerataan ekonomi di Indonesia jika kamu terus memberikan pinjaman. Oleh karena itu, sekali kamu meminjamkan dana di GandengTangan, hal tersebut akan menjadi sebuah aktivitas yang akan memberi manfaat terus-menerus.

Adanya fitur-fitur terbaru di GandengTangan.org 2.0 juga memungkinkan kamu untuk menjalin silaturrahim dengan pemilik usaha. Para peminjam akan menginformasikan secara detil mengenai kemajuan usaha dan dampak sosial yang sudah mereka ciptakan, sehingga kamu akan merasa aman dan merasa yakin untuk memberikan pinjaman pada proposal lainnya.

Sekarang, menyambut bulan Ramadhan, kamu bisa mengajak teman-teman atau keluargamu untuk sama-sama memberikan pinjaman melalui GandengTangan. Kamu pun tak perlu khawatir karena tidak ada bunga yang ditetapkan oleh GandengTangan. Kalau kamu mencari alternatif amal yang menenangkan hati dan pikiran, serta bermanfaat untuk masyarakat luas, silakan danai proposal pilihanmu di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *