Memberi Pinjaman Atas Nama Kelompok, Emangnya Bisa?

image

Sudah Saatnya Setiap Kelompok Punya Manfaat Sosial!

Pastinya kamu sering bingung bagaimana mengisi aktivitas alumni sekolah atau kampusmu dengan kegiatan positif? Atau sering bertanya-tanya apa kegiatan sosial yang bisa kelompok arisanmu lakukan?
Kebingungan ini sebenarnya terjadi karena dua hal sederhana. Pertama pastinya kelompokmu ingin kegiatan sosial yang kalian lakukan punya manfaat positif secara berkelanjutan. Kedua, kesibukan pekerjaan tentunya membuat kelompokmu tak punya banyak waktu berkonsentrasi total pada kegiatan sosial. Nah, sebenarnya ada solusi alternatif untuk mengatasi masalah kelompokmu.
Solusi yang paling mungkin adalah kelompokmu bisa memberikan pinjaman bagi para wirausahawan sosial melalui sistem crowdlending. Dengan cara tersebut pinjamanmu akan punya manfaat berkelanjutan bagi wirausahawan sosial dan tak memakan banyak waktu kelompokmu.
Bukannya memberi pinjaman dalam sistem crowdlending hanya bisa atas nama pribadi? Jelas tidak, atas nama kelompok juga bisa. Kelompokmu bisa mencontoh apa yang Yayasan Soroptimist International of Kemang lakukan. Kelompok yang berfokus pada pemberdayaan perempuan ini ikut ambil bagian dalam menggolkan project Mama Tata. Hebatnya, pinjaman mereka menjadi salah satu faktor penting terdanainya project Mama Tata.
Memberi pinjaman secara berkelompok juga memiliki banyak kelebihan lain, mari kita simak keunggulan pinjaman atas nama kelompok:

Jumlah Pinjaman Untuk Wirausahawan Sosial Akan Lebih Besar Jumlahnya

image

Kenapa lebih besar? Karena pinjaman yang diberikan merupakan hasil komulatif dari urunan para anggota kelompok. Tentu saja secara total lebih besar. Yang lebih penting adalah dengan jumlah lebih besar ini maka akan sangat membantu wirausahawan sosial mencapai target modal yang mereka butuhkan. Saat target modal tercapai maka manfaat sosialnya akan terus berkelanjutan.

Masing-masing Orang Tak Perlu Mengeluarkan Jumlah Nominal Yang Besar 

image

Karena sifatnya patungan dari masing-masing anggota kelompok, maka secara pribadi kamu bisa memberi pinjaman modal yang tak terlalu besar. Kamu bahkan bisa memulainya hanya dengan 50 ribu rupiah, seharga secangkir kopi di kedai favoritmu. Jumlah nominal yang dikeluarkan masing-masing anggota kelompok memang kecil, tapi jika sudah digabung tentu akan besar. Hasil pinjaman kelompokmu tentu akan sangat bermanfaat bagi wirausahawan sosial yang membutuhkan modal.

Memberi Pinjaman Sosial Juga Membuat Kelompokmu Lebih Berdaya

image

Sebentar, sebentar, apa hubungannya nih memberi pinjaman dengan membuat kelompok jadi lebih berdaya? Begini, tentu setiap kelompok ingin punya manfaat sosial sekecil apapun itu. Saat kelompokmu memberikan pinjaman maka manfaat sosial itu bukan sekadar angan-angan. Kelompok yang punya manfaat sosial tentu lebih berdaya daripada sekadar kelompok yang bertemu untuk melepas kangen semata bukan?

Tak Hanya Berdaya, Kelompokmu Akan Lebih Kompak

image

Kekompakan terjadi karena satu semangat yang sama dalam kelompok. Memberi pinjaman untuk wirausahawan sosial akan membuat kelompokmu punya semangat dan tujuan yang sama dalam memberi manfaat pada orang banyak. Hal itulah yang membuat kelompokmu lebih kompak.

Anggota Kelompok Tak Perlu Ribet Mencari Kelompok Sosial Lagi

image

Tentu setiap orang ingin punya manfaat pada lingkungannya. Keinginan ini membuat banyak orang mencari kelompok atau kegiatan sosial. Sayangnya, tidak setiap orang punya waktu lebih untuk itu. Jika masalah waktu menjadi kendala, saatnya mengubah perspektif, yakni dengan menjadikan kelompok pertemanan, alumni, atau arisanmu menjadi kelompok sosial? Ah enggak punya waktu, mungkin itu jawaban pertamamu. Nah, memberi pinjaman secara berkelompok untuk wirausahawan sosial adalah salah satu solusi praktis karena tak memakan banyak waktumu.

Manfaat-manfaat memberi pinjaman secara berkelompok jangan hanya kamu baca sendirian. Saatnya kamu bagikan artikel ini ke grup whatsapp kelompokmu. Diskusikan artikel ini di sana. Jika kelompokmu ingin lebih kompak serta berdaya, langkah pertama bisa dimulai dari sini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *