Manfaatkan Investasi Modal Kecil Indonesia untuk Dana Pensiun Dini

Manfaatkan Investasi Modal Kecil Indonesia untuk Dana Pensiun Dini

Tidak dapat dimungkiri bahwa investasi memang sesuatu yang sangat menggiurkan untuk diambil. Apalagi sudah banyak orang sukses dan kaya hanya karena investasi yang dilakukan. Sayangnya, banyak yang berpikir bahwa investasi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang kaya berpenghasilan tinggi. Padahal, investasi dapat dilakukan oleh siapa saja, dengan seberapa pun modal yang dimiliki, meskipun hanya Rp50.000,-.

Bagi Anda yang ingin tahu investasi modal kecil Indonesia apa saja yang dapat membantu menyiapkan dana pensiun kelak, simak ulasan singkat berikut.

1. P2P Lending

P2P (peer to peer) Lending merupakan perusahaan perantara yang menghubungkan antara peminjam dengan investor. Di Indonesia sendiri masih tergolong baru. Akan tetapi, ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di dalamnya, modal yang dibutuhkan tidak perlu banyak.

Contoh dari P2P Lending yang dapat Anda masuki adalah Gandeng Tangan. Dengan modal sebesar Rp50.000 Anda sudah dapat memulai investasi dan memilih siapakah orang yang berhak menerima dana tersebut. Keuntungan yang didapat pun cukup menggiurkan untuk menambah pundi-pundi keuangan di dalam tabungan, yaitu dapat mencapai 15% per tahun.

2. Reksa dana
Reksa dana merupakan sekumpulan dana yang didapat dari para investor yang kemudian ditempatkan atau dikelola pada beberapa instrumen investasi oleh manajer investasi. Dana tersebut dapat dimainkan pada saham, obligasi, atau bahkan pada bidang properti.

Kelebihan dari reksa dana ialah dapat menggunakan modal kecil dimulai dari Rp100.000,00. Risiko yang didapat pun lebih rendah karena Anda tidak bermain secara langsung. Dana ditangani dan dikelola oleh tenaga profesional yang tepercaya sehingga Anda tidak perlu pusing dalam memikirkan bagaimana uang yang dimiliki dapat bekerja dan menghasilkan keuntungan.

3. Emas

Investasi modal kecil Indonesia lainnya ialah emas batangan. Investasi ini tidak membutuhkan modal banyak dan mudah dalam pencairan. Nilainya yang cenderung naik dan tahan terhadap inflasi yang terjadi dapat menjadi pilihan utama Anda untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini.

Kini, untuk berinvestasi emas pun cukup mudah. Bila tidak ingin menyimpan dalam bentuk fisik, Anda dapat melakukannya secara online dari para penyedia jasa investasi bersertifikasi yang tepercaya.

4. Saham
Mungkin selama ini Anda beranggapan bahwa saham adalah permainan yang dilakukan oleh para pemilik modal besar. Anggapan tersebut ternyata salah. Saham dapat bermain dengan modal minim yang dimiliki. Berinvestasi saham pun dapat memberikan potensi keuntungan yang besar untuk Anda nantinya.
Cara bermainnya cukup mudah. Anda hanya perlu pergi ke broker saham untuk menanamkan modal investasi. Broker tersebutlah yang nantinya akan melakukan jual beli efek si bursa saham secara berkala.

5. Barang Koleksi

Termasuk dalam aset nonproduktif, barang koleksi juga dapat menjadi investasi yang menjanjikan untuk dana pensiun Anda kelak. Pasalnya, semakin lama usia barang tersebut, maka harganya akan semakin naik. Terlebih jika bentuknya benar-benar unik dengan jumlah yang langka, hasilnya dapat berkali lipat dari harga beli di awal.

Barang koleksi umumnya dapat berupa patung, guci, koleksi miniatur seperti mobil-mobilan maupun uang lama yang sudah tidak dikeluarkan lagi.

Lima investasi modal kecil Indonesia tersebut dapat menjadi peluang jitu dalam menyiapkan dana pensiun sejak dini. Jadi, jangan lagi menunda dan segera memulai investasi kecil untuk diri sendiri dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *