Mengatur Waktu untuk Para Wirausahawan Sosial, Ini Caranya

Pernahkah anda merasa 24 jam di setiap harinya tidak cukup untuk melakukan semua hal dan kesibukan anda? Jika iya, anda belum memiliki manajemen waktu yang baik. Semua orang memiliki waktu yang sama di setiap harinya, cukup atau tidaknya akan tergantung oleh masing-masing individunya. Anda mungkin akan berasalasan bahwa tugas yang anda pegang berat dan butuh banyak waktu. Namun sayangnya itu tidak bisa menjadi penyelesaian masalah anda. Satu hal yang penting untuk masalah ini adalah manajemen olah waktu yang baik. Dengan mengatur waktu yang baik tenunya akan membantu anda untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi. Jadi aturlah waktu anda mulai dari sekarang. Jangan biarkan kegiatan-kegiatan yang tidak penting mengambil waktu anda yang berharga. Jangan khawatir anda tidak sendiri, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana mengatur waktu untuk para wirausahawan sosial. Simak selengkapnya di bawah ini ya:

  1. Buat timeline

  2. timeline

    Kebanyakan orang sukses akan membuat banyak jadwal untuk semua kegiatannya. Pada hari senin sampai jumat kegiatan apakah yang harus dilakukan dan beserta detail waktunya. Anda tentunya harus meikirkan kegiatan jangka kedepan anda. Masukkan deadline-deadline yang harus anda tempuh di setiap periode yang anda pilih. Misalnya dalam satu bulan kedepan anda memiliki beberapa deadline besar yang harus segera anda penuhi, hal inila yang anda cantumkan dalam timeline anda. Bedakan antara kegiatan yang sangat penting, penting dan kurang penting namun tetap harus dilakukan.

  3. Tulis agenda mingguan

  4. agenda

    Sedikit berbeda dengan timeline, agenda mingguan berinsi rincian kegiatan apa yang akan anda lakukan disetiap harinya. Anda akan menuliskan banyak daftar kegiatan dan juga rentang waktu yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, agenda berfungsi sebagai alarm anda. Di setiap waktunya agendalah yang menjadi bahan pertimbangan anda dalam melakukan segala kegiatan. Untuk membuat agenda mingguan, anda perlu mencermati kegiatan-kegiatan yang bersifat pasti dan ada dalam setiap minggunya. Kemudian masukkan jadwal-jadwal tentatif seperti suatu event bazar atau festival yang akan anda hadiri.

  5. No excuses!

  6. no execuses

    Semua jadwal yang sudah anda buat haruslah menjadi sesuatu yang pasti untuk dilakukan. Anda tidak bisa membuat alasan lain untuk tidak melakukannya atau menggantinya pada hari lain. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penumpukan acara dalam hari-hari tertentu. Jadwal diciptakan untuk dilakukan dan dilaksanakan disetiap harinya oleh karena itu, ketika anda tidak melakukannya pastinya akan menumpuk di hari-hari berikutnya. Sekali anda memberikan izin pada diri anda untuk mengganti agenda anda pada hari lain pastinya akan lebih mudah bagi anda untuk melakuaknnya lagi di hari lain. No excuses!

Itulah tiga hal yang harus anda perhatikan untuk fokus dalam mengatur waktu sebagai pelaku usaha. Tidak mudah untuk mengatur diri anda sendiri apalagi sambil mengatur usaha yang sedang anda bangun. Oleh karena itu jangan sampai hal tersebut membebani anda di lain hari. Evaluasi dan tanyakan pada diri anda seniri tentang sistem agenda yang anda buat. Apakah sudah baik atau perlu perbaikan. Anda bisa membuat beberapa perbaikan dan pembaharuan, jika perlu berikan daftar reward untuk diri anda sendiri jika sudah melampaui beberapa agenda. Sekedar memanjakan diri tidak akan salah bukan? Tetap semangat untuk membangun usaha anda. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *