Lima Alasan Mainan Tradisional Penting Untuk Anak

Intip Manfaat-Manfaat Mainan Timba Sebelum Memberikan Pinjaman

Timba 9

Kita tentu sering mendengar ajakan menjauhkan gadget dari anak-anak. Ajakan itu muncul karena maraknya anak-anak yang senang bermain game dengan gadgetnya. Tapi kita sering lupa bertanya dua hal penting, kalau tidak main gadget lantas main apa? Dan apa manfaatnya?

Ternyata banyak mainan edukatif untuk anak-anak, produk-produk Timba adalah salah satunya. Manfaat mainan edukatif juga banyak sekali. Misalnya produk mainan Timba yang berasal dari kayu atau bambu ternyata punya banyak manfaat konkret untuk anak-anak. Sebelum kita mendukung project Timba , ada baiknya kita intip dulu manfaat dari produk-produknya. Mari kita simak manfaat-manfaat produknya:   

1. Membangun Interaksi Sosial

Salah satu manfaat mainan tradisional adalah membuat anak berinteraksi dengan teman-temannya. Interaksi ini penting untuk mengembangkan kemampuannya bernegosiasi dan bekerjasama. Kerap berinteraksi dengan  banyak orang akan membuat anak lebih berani dalam menyatakan pendapatnya. Beberapa produk Timba mampu memancing interaksi positif karena bisa dimainkan bersama.

2. Merangsang Kreativitas Anak

Lihat deh salah satu produk Timba yang bernama “Wood Block”. Mainan ini menarik karena Timba merangsang anak-anak untuk menyusun semacam balok-balok menjadi bentuk-bentuk tertentu. Bentuk finalnya bisa beraneka ragam, tergantung kreasi dan imajinasi anak-anak. Menyusun mainan ini membuat anak-anak berpikir secara runut. Satu jenis mainan Timba saja punya dua manfaat besar, berpikir kreatif dan membangun logika anak-anak agar lebih runut.

3. Murah dan Aman!

Coba sekarang lihat harga gadget di pusat perbelanjaan atau online shop langganan kita. Rata-rata harganya pasti berkisar enam digit. Belum lagi efek yang dihasilkan. Gampangnya coba lihat banyaknya anak-anak yang sudah memakai kacamata sejak kecil. Tentu salah satunya karena terpaan layar gadget saat bermain. Sekarang coba alihkan perhatian kita pada mainan tradisional yang Timba produksi. Harganya jelas terjangkau dan aman untuk anak-anak. Plus karena berasal dari kayu atau bambu mainan ini jelas lebih awet dari gadget.

4. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak

Perkembangan anak saat balita adalah masa emas dan terpenting dalam pertumbuhannya. Orangtua dan lingkungan harus mendukung masa emas ini dengan beragam cara. Salah satu hal yang penting untuk tumbuh dalam masa emas ini adalah kemampuan motorik halus anak-anak. Motorik halus adalah keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi antara mata dengan tangan. Bentuk-bentuk mainan yang Timba produksi sangat mendukung pengembangan motorik anak-anak.

5. Belajar Menghargai Lingkungan

Apa hubungan mainan dengan belajar menghargai? Begini, pertama Timba adalah hasil kreasi pengrajin lokal. Kedua, Timba terbuat dari bambu atau kayu sisa dari industri mebel. Cerita tentang produk Timba ini secara langsung akan membuat anak atau adik kita menyadari bahwa orang-orang di sekitar kita punya kemampuan yang luar biasa. Jika sejak kecil mereka sudah dekat dengan karya yang lingkungan sekitar hasilkan maka ia bisa belajar menghargai produk-produk lokal.

Setelah membaca manfaat-manfaat produk Timba coba lihat anak, adik, atau saudara kita yang masih kecil. Lihat tatapan matanya, perhatikan mimik wajahnya. Wajah lugu dan lucu itu adalah generasi penerus negeri ini. Maka sudah sewajarnya kita memberikan dukungan maksimal untuk pertumbuhan mereka. Mendukung project Timba adalah langkah konkret yang bisa kamu lakukan untuk ikut menyiapkan generasi masa depan!

3 thoughts on “Lima Alasan Mainan Tradisional Penting Untuk Anak

  1. mainan traditional memang lebih bagus untuk kreativitas anak, namun tidak bisa dipungkiri kalau gadget memang lebih menarik dibandingkan mainan tranditional bagi si anak. Tergantung orang tua bagaimana memberi pemahaman kepada anak-anaknya.

  2. Produk timba sendiri seperti apa ya? Bagaimana kita mendapatkannya? Manfaat nyata yang dapat anak dapatkan dengan permainan timba ini apa ya? Mohon info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *