Launching GandengTangan 2.0: Teknologi sebagai Solusi Untuk Pemerataan Ekonomi

Buat kita yang sudah biasa menggunakan internet, mungkin susah lepas dari gadget dan akrab dengan belanja online. Tapi, kalau beberapa tahun yang lalu, online shopping hanya identik dengan produk-produk yang ‘berputar’ di kota besar, GandengTangan terinspirasi untuk melakukan hal yang lebih besar dari itu. Sebagaimana kamu tahu, GandengTangan berkomitmen untuk membantu pemerintah mengurangi angka kemiskinan dengan mengekspos pengusaha sosial mikro-kecil yang membutuhkan tambahan dana untuk pengembangan bisnis. Sementara itu, para pengguna aktif Internet seperti kamu ingin menyalurkan aspirasi untuk mendukung perubahan sosial. Maka, peminjam (borrowers) dan pemberi pinjaman (lenders) bertemu di platform GandengTangan.

Sejak berdiri pada Maret 2015, GandengTangan telah memberikan manfaat kepada usaha yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari wilayah terdekat seperti Jakarta dan Tangerang, Kutai-Kalimantan Timur, hingga Desa Adonara, Nusa Tenggara Timur. Bukankah sudah sepatutnya saudara kita di berbagai wilayah Indonesia merasakan kemajuan yang sama? Salah satunya adalah melalui pemerataan ekonomi. Semakin banyak daerah yang mandiri secara finansial, maka semakin besar pula dampak sosial yang bisa tercipta.

Berdasarkan pembelajaran selama setahun terakhir, GandengTangan didukung oleh Telkomsel, melakukan inovasi dengan meluncurkan website GandengTangan.org versi 2.0 yang diresmikan pada tanggal 28 Mei 2016 di M Top Café, Jakarta Selatan.

Fitur-fitur tambahan pada GandengTangan.org 2.0 memfokuskan pada perluasan manfaat dengan menggandeng para UMKM untuk dapat mendaftarkan usahanya. Oleh karena GandengTangan ingin dapat membantu penuntasan kemiskinan dengan lebih menyeluruh, melibatkan UMKM adalah keputusan yang tepat.

Beberapa fitur tersebut antara lain adalah kanal interaksi antara pendana dengan peminjam, riwayat transaksi, dan laporan usaha yang lebih terperinci. Dengan demikian, peminjam dan pemberi pinjaman dapat membangun hubungan yang lebih terpercaya dan lebih akuntabel. Selain itu, pemberi pinjaman juga dapat memantau perubahan sosial yang menjadi visi dari para wirausaha sosial tersebut.

Ada juga fitur baru seperti ‘Host Event’ dan ‘Kampanye Versi Kamu’ sebagai dukungan atas kreativitas para pemberi pinjaman yang ingin menggalang dana untuk proposal yang sedang launch di GandengTangan. Kedua fitur tersebut memungkinkan promosi yang lebih optimal dan menyesuaikan dengan keinginan pemberi pinjaman. Diharapkan, upaya ini akan memberikan lebih banyak dana untuk berbagai proyek yang telah diverifikasi oleh GandengTangan.

Acara yang dipandu oleh CEO KIBAR, Yansen Kamto; dan Fotografer Lepas NatGeo, Feri Latief ini juga didukung oleh berbagai pihak seperti Prof. DR Emil Salim; Peneliti Eksekutif Senior Departemen Pengembangan Kebijakan Strategis dari Otoritas Jasa Keuangan, Hendrikus Passagi; System Analyst Jakarta Smart City, Romi Kharisnawan; dan Vidi Aldiano.

Semoga, dengan berbagai fitur terbaru di GandengTangan.org 2.0, kami dapat membantu lebih banyak pengusaha sosial dalam mewujudkan perubahan sosial. Kamu juga bisa turut serta dalam peningkatan pemerataan ekonomi di Indonesia. Caranya, dukung proposal pilihanmu dengan memberikan pinjaman dana mulai dari Rp. 50.000 di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *