Laporan Keuangan: Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Sebagai wirausahawan Sosial

Sebagai pelaku usaha, tentunya anda sudah tidak asing dengan laporan keuangan bukan? Sebagai seseorang yang memegang kendali akan bisnis anda sendiri, pastinya menginginkan yang terbaik untuk usaha anda. Salah satu caranya adalah dengan memantau bisnis anda secara jangka panjang.

Apakah usaha anda bisa bertahan dan menjanjikan keuntungan kedepannya atau apakah kira-kira yang akan anda lakukan untuk usaha anda kedepannya. Dengan menggunakan laporan keuangan, semua pertanyaan tersebut bisa terjawab. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Surplus atau malah defisit?

  2. surplus
    Jika anda menggunakan laporan keuangan sebagai media pencatatat segala transaksi, anda akan mengerti dimana posisi keuangan anda. Anda bisa melihat berapakah nominal keuangan yang anda miliki. Dari situlah untung rugi dalam usaha anda akan terlihat. Ini sangat penting melihat segala kebutuhan akan membutuhkan pertimbangan dari laporan keuangan.

    Jika kondisi keuangan usaha anda terlihat bagus, tentunya akan sangat baik jika anda mulai memperluas usaha anda. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan keuangan anda sedang tidak baik maka akan bijaksana kalau anda mengurangi beberapa kebutuhan yang kurang penting. Mengetahui keadaan keuangan anda juga perlu untuk melihat seberapa jauh minat pasar terhadap produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Sudahkah anda menyiapkan laporan keuangan anda?

  3. About to shut down?

  4. shut-down
    Melihat kondisi keuangan melalui laporan keuangan usaha juga bisa untuk menilai kesehatan bisnis yang anda miliki. Maksud dari kesehatan disini adalah apakah usaha anda masih memberikan keuntungan, statis atau tidak memberikan profit sama sekali. Jika keadaan terburuk sudah terjadi, tentunya ini adalah pertanda untuk mulai mengevaluasi usaha anda.

    Apakah produk atau jasa yang ditawarkan kurang menarik atau terlalu mahal sehingga terjadi masalah ini. Apabila anda menilai usaha anda mendekati shut down atau bangkrut, anda harus melakukan suatu perubahan sistem yang dinilai merugikan usaha anda. Namun, ingatlah jika semua itu bisa diantisipasi dengan adanya laporan keuangan yang anda miliki.

    Anda dapat melihat kondisi keuangan anda sehingga akan meminimalisir keadaan terburuk yang bisa terjadi. Bukankah menyediakan payung sebelum hujan akan sangat berguna? Segera buat laporan keuangan bisnis anda ya.

  5. So, what’s next?

  6. next
    Memiliki laporan keuangan juga bisa menjadi acuan anda untuk membuat rencana masa depan. Anda dapat menggunakan informasi yang ada untuk dijadikan refrerensi, sehingga anda tidak akan salah dalam mengambil keputusan untuk usaha anda. Jika anda mengetahui berapa laba rugi anda, tentunya akan mudah bagi anda untuk melakukan pengembangan bisnis anda bukan?

    Laporan keuangan anda juga menjadi advisor pribadi untuk bisnis anda. Anda dapat mengambil keputusan sesuai apa yang usaha anda perlukan, dengan melihat kondisi keuangan yang sedang ada. Jadikan laporan keuangan sebagai dasar pertimbnagan anda untuk membuat suatu strategi lanjutan dalam bisnis anda.

Sekian mengenai manfaat apa yang akan peroleh jika rutin membuat laporan keuangan anda. Semoga dapat menginspirasi juga bermanfaat untuk anda para pelaku usaha. Jadi tunggu apa lagi? Segera buat laporan keuangan usaha anda untuk mendapatkan tiga keuntungan seperti diatas.

Anda dapat mengetahui produk ataupun jasa anda manakah yang paling laku, pada bulan berapakah keuntungan terbesar anda dapatkan. Semua informasi tersebut akan sangat penting untuk memproyeksikan bisnis anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera buat laporan keuangan usaha anda. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *