Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Walaupun Hanya Perusahaan Kecil

Membuat laporan keuangan memang terdengar sangat melelahkan dan rumit. Mulai dari mencatat segala transaksi yang ada, mengubahnya kedalam akun-akun dan menghitung keseimbangan antara debet dan kreditnya. Sebenarnya tidak akan sesulit itu jika anda memahami konsep pembuatan laporan. Namun banyak dikalangan masyarakat yang berpikir bahwa laporan keuangan tidak terlalu penting. Karena itulah banyak dari mereka yang tidak membuat laporan keuangan. Bagi mereka asalkan usaha mereka laku, menerima pendapatan setiap harinya, itu saja sudah cukup. Mereka tidak tahu jika keadaan ini dibiarkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Seperti misalnya modal serta pendapatan yang tercampur dengan keuangan pribadi di luar bisnis, penggunaan laba usaha untuk kebutuhan pribadi dan kurangnya materi untuk evaluasi usaha untuk ke depannya. Faktor-faktor seperti itulah yang membuat usaha beberapa orang berjalan ditempat, tidak berkembang atau malah sampai gulung tikar. Banyak pelaku usaha yang menganggap enteng masalah seperti ini, padahal jika tidak ditindaklanjuti akan mematikan bisnis tersebut. Dalam dunia bisnis anda harus mempersiapkan segala hal secara detail karena hal ini menyangkut usaha yang anda bangun dan modal yang sudah anda berikan. Jika anda masih memiliki pikiran untuk tidak membuat laporan keuangan karena menurut anda usaha anda masih kecil, maka teruskan membaca artikel ini.

Anda harus mempertimbangkan beberapa hal yang bisa anda dapatkan dari pembuatan laporan keuangan. Ketika anda mulai untuk mencatat segala transaksi yang ada, rutinitas ini akan membuat anda lebih teratur dalam menjalankan usaha anda. Dengan begitu perencanaan keuangan anda untuk mengembangkan bisnis anda akan semakin jelas. Bagaimana bisa? Dengan membuat laporan keuangan anda akan mengetahui tingkat profitabilitas atau keuntungan yang anda dapatkan, akan mudah bagi anda untuk menerjemahkan hasil dari laporan keungan anda untuk mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis anda. Bisakah anda membayangkan betapa berbahayanya ketika anda salah dalam pengambilan keputusan? Semua dapat berimbas kepada bisnis anda. Misalnya ketika anda membuat laporan keuangan, anda bisa memperhatikan produk apakah yang paling laris di usaha anda. Dengan begitu pastinya anda akan memilah-milah lagi produk manakah yang anda tawarkan untuk memisahkan produk yang kurang peminat. Tentunya ini akan membawa keuntungan untuk bisnis anda karena anda menambah peluang akan produk yang dibeli oleh konsumen. Yang terakhir, pentingnya membuat laoran keungan untuk anda adalah sebagai motivasi pribadi. Ketika diakhir hari anda mengitung berapa pemasukan yang ada, anda akan termotivasi untuk mendapatkan keuntungan lebih di esok hari. Dengan transparansi seperti ini juga akan memudahkan anda untuk memproyeksikan pengembangan bisnis anda. Di setiap masa akhir periode pembukuan anda akan melihat grafik bisnis anda, naik ataukah mundur smeua bisa anda lihat dalam grafik tersebut.

Segera siapkan laporan keuangan bisnis anda karena keputusan untuk membuatnya bukan karena besar atau kecilnya perusahaan. Hal yang mengharuskan anda membuat laporan keuangan adalah kebutuhan anda pribadi. Maksudnya adalah kebutuhan akan laporan keuangan tersebut untuk bisnis anda kedepannya-lah yang menjadikan anda harus menggunakannya. Bagaimanapun, hal yang besar dimulai dari yang kecil bukan. Ada suatu pepatah yang mengharuskan anda untuk berfikir besar untuk menjadi besar, karena itulah mulai dari sekarang cobalah untuk mengedepankan tujuan besar untuk bisnis yang sedang anda bangun. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *