Mengapa Laporan Keuangan adalah Hal yang Penting untuk Usahamu

Seperti yang anda ketahui bahwa pelaporan arus keuangan suatu usaha andalah kewajiban yang baik dilakukan bagi pelaku usaha. Nah, semua level usaha yang baik disarankan untuk membuat laporan keuangan. Jadi jangan bepikir bahwa membuat laporan keuangan hanya untuk perusahaan-perusahaan besar saja. Mulai dari pencatatan segala transaksi yang dilakukan sehari-hari sampai transaksi bulanan sebaiknya anda kumpulkan. Memangnya apa saja manfaat yang bisa anda ambil saat rutin membuat laporan keuangan? Simak pembahasannya dibawah ini.

  1. Melihat jumlah keuntungan

  2. Dalam suatu usaha tentunya akan ada fase dimana anda memiliki pendapatan yang banyak dan ada juga yang sedikit. Melalui laporan keuangan inilah anda bisa melihat dan menganalisa berapakah jumlh profit atau keuntungan dari bisnis anda. Apakah anda memiliki untung atau malah defisit? Nah dengan melihat dari lajur debit dan kredit yang ada, anda bisa melihat jumlah keuntungan atau kerugian yang anda miliki.

  3. Melihat posisi perusahaan

  4. Dengan melihat keuntungan atau kerugian yang dimiliki oleh bisnis anda tentunya akan mudah bagi anda untuk meninjau apakah usaha anda maju atau malah mengalami kemunduran. Selanjutnya anda dapat menilai prospek usaha anda kedepannya. Jika anda memiliki keuntungan atau profit yang baik tentunya anda akan melanjutkan usaha anda dengan memikirkan pengembangannya. Bebrbeda jika usaha anda tidak memberikan laba yang anda harapkan atau dengan kata lain usaha anda mengalami kerugian sedemikian rupa, tentunya anda akan mulai memikirkan cara-cara lain untuk menaikkan profit yang telah ada.

  5. Fondasi pengambilan keputusan

  6. Sedemikian halnya jika anda sudah mengetahui keuntungan atau kerugian yang dimiliki oleh usaha anda tentunya akan mudah bagi anda untuk menelisik langkah apakah yang akan anda ambil guna memperbaiki keadaan yang ada. Dengan begitu anda bisa mengambil keputusan yang sesuai dengan keadaan yang dibutuhkan oleh bisnis anda. bagaimanapun juga laporan keuangan memiliki hasil yang akurat untuk memiliki hasil yang detail. Oleh karena itu, melalui laporan keunagan anda bisa melihat karakteristik usaha anda di masa depan jika tidak ada perubahan yang signifikan dalam hal keuntungan atau kerugian yang ada.

  7. Laporan ke pihak luar

  8. Seperti yang anda ketahui bahwa laporan keuangan dibutuhkan untuk meninjau pajak ataupun sebagai syarat kepada pihak luar seperti pemerintah, perusahan lain ataupun lembaga keuangan. Mereka meminta laporan keuanagan sebagai syarat kerjasama untuk meninjau prospek bisnis yang anda miliki di masa depan. Tidak mungkin pihak luar ingin bekerjasama dengan bisnis yang tidak memiliki prospek kedepannya. Oleh karena itu anda harus tahu seberapa penting fungsi laporan keuangan sebagai syarat untuk berhubungan dengan pihak luar usaha anda. jika bisnis anda sudah besar tentunya mengunggah laporan keuangan anda menjadi suatu syarat utama transparansi kepada publik.

Berikut di atas tadi adalah manfaat yang bisa anda peroleh dari pembuatan laporan keuangan. Bagaimanapun juga jangan lupa untuk tetap menjaga kegiatan pejualan anda untuk tetap stabil ya. Jangan sampai lupa untuk menyimpan segala bentuk transaksi bisnis anda. Hal itu akan berguna di kemudian hari entah untuk anda ataupun untuk pihak luar usaha anda. Perhatikan laporan keuangan anda di setiap minggunya untk memastikan tidak ada kesalahan yang berarti. Terakhir , jangan lupa untuk terus semangat dan jangan mudah menyerah. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *