Contoh Membuat Proposal Usaha Sosial

Suatu proposal usaha memang menjadi salah satu bentuk utama pengajuan bantuan atau dukungan kegiatan ataupun usaha. Proposal seringkali dinilai sebagai salah satu hal yang sangat penting dan tentunya berat. Karena itu, untuk membuat proposal, banyak orang-orang yang sangat memperhatikan detail informasi maupun konten yang ada di dalamnya. Selain itu banyak juga yang berpikir bahwa proposal adalah satu step awal untuk penentuan hidup usaha atau kegiatan yang mereka mulai. Nah kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang proposal usaha yang akan anda ajukan ke suatu lembaga keuangan ataupun suatu institusi terkait. Khususnya ketika anda mengajukan usaha sosial anda, akan banyak pihak-pihak yang akan bekerjasama dan tentunya yang akan menerima proposal dari anda, karena itu perlu bagi anda untuk mengetahui proposal yang baik. Jadi untuk mempermudah anda membuat suatu proposal usaha, perhatikan dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Berikan background

  2. Ibaratkan anda akan mempromosikan kegiatan ataupun usaha anda kepada donatur utama atau pihak sponsor yang akan membantu pembangunan usaha atau kegiatan anda tersebut jelaskan secara jelas apa yang mendorong anda untuk merencanakan usaha ini, faktor apa sajakah yang membuat anda memiliki inisiatif untuk membuat usaha ini.

  3. Tambahkan deskripsi

  4. Selanjutnya adalah penjelasan mengenai bagaimana dan apa bisnis anda. Bagaimanapun anda harus menjelaskan secara rinci apa rancangan usaha anda. Mulai dari apa yang anda butuhkan, bagaimana bisnis atau kegiatan ini akan berjalan nantinya atau bagaimana anda akan menjalankannya. Semua harus jelas sampai anda yakin bahwa proposal anda tidak akan menuai banyak pertanyaan dari semua pihak.

  5. Cantumkan bukti

  6. Dalam proses penjelasan, berikan foto rancangan atau gambar produk yang akan anda tawarkan. Dengan begitu akan semakin mudah bagi anda untuk memberikan banyak keyakinan kepada pihak donor dan juga sponsor yang melihat dan mempelajari proposal anda.

  7. Jabarkan analisis SWOT

  8. Berikan pula analisis bisnis yang anda buat. Jabarkan kelebihan produk yang anda tawarkan, seperti apa pengaruh dan efek yang akan ditimbulkan oleh usaha anda (Strength), jelaskan tentang kekurangan bisnis yang anda punya (Weakness), Berikan keterangan tentang peluang- peluang yang bisa anda dapatkan (Opportunity) dan juga jelaskan mnegenai hal-hal apa sajakah yang menjadi saingan untuk usaha anda (Threat).

  9. Tuliskan target

  10. Penting untuk dicantumkan dalam proposal kegiatan atau usaha anda tentang sejauh apa target yang anda inginkan. Hal ini untuk melihat seberapa seriuskah anda untuk membangun usaha atau suatu kegiatan. Bagaimanapun juga target inilah yang menjadi indikasi suatu kesiapan bagi anda untuk membuat suatu usaha atau kegiatan ini.

  11. Penutup

  12. Yang terakhir adalah penutup. Jelaskan dan jabarkan harapan anda tentang usaha anda. berikan alasan kuat mengapa kegiatan atau usaha anda perlu untuk dilaksanakan atau dibuat. Jelaskan pula bahwa bantuan dan dukungan dari pihak sponsor ataupun donatur akan sangat membantu pembangunan usaha atau kegiatan anda tersebut. Jangan lupa untuk berterima kasih kepada pihak-pihak yang sudah turut membantu.

Berikut adalah poin-poin penting yang harus anda jabarkan dalam pembuatan proposal. Semoga bisa memberikan inspirasi dan membantu anda untuk membuat proposal usaha anda sendiri. jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang di setiap langkah – langkah yang ada karena ditakutkan adanya kesalahan yang tidak disengaja. Semoga membantu dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *