Inspirasi Wirausahawan Sosial Sukses

Mungkin anda belum pernah mendengar tentang Sunny Kamengmau dari NTT yang sukses berwirausaha di Jepang. Tidak tanggung-tanggung, ia dapat meraup untung hingaa milyaran rupiah loh. Sukses menjadi seorang pelaku usaha memamng menjadi hak siapa saja. Semua orang bisa melakukannya asal dengan kerja keras dan usaha tanpa pantang menyerah. Bagaimanapun dan apapun latar belakangnya, jika anda berkemauan keras untuk sukses dan berubah dari keadaan yang tidak menyenangkan, maka keberhasilan akan semkain mendekati anda. Nah inilah yang sudah dibuktikkan oleh Sunny Kamengmau dari NTT. Ia dulunya hanya seorang tukang kebun yang bekerja di sebuah hotel di Bali, kini ia menjadi seorang pengusaha sukses memasarkan produk tas di Jepang. Lalu bagaimanakah cerita lengkpanya? Simak ceritanya di bawah ini.

Cerita sukses Sunny Kamengmau dari NTT

sumber: nusabali.com
sumber: nusabali.com

Meskipun dengan latar belakang yang bisa dikatakan terpuruk, namun dengan kemauan keras ia berhasil mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis. Awalnya ia yang nekat kabur dari rumah lantas pergi untuk merantau sampai ke Pulau Dewata Bali. Untuk mencari penghidupan, ia mulai mencari pekerjaan di sana. Jangan kaget, pekerjaan pertama yang ia dapatkan ialah pekerja kebersihan alias tukang sapu di sebuah hotel di Bali. Dengan etos kerja yang ia buktikkan selama satu tahun masa kerja ia pun diangkat menjadi satpam hotel.

Profesi satpam ini ia jalani selama 4 tahun. Selama itu pulalah Sunny giat belajar bahasa asing. Ketertarikannya dalam dunia bahasa asing mampu membawa perubahan besar dalam hidupnya. Peluang baik tidak selalu datang bagai buah durian runtuh. Sama halnya dengan Sunny ia harus belajar getol untuk mampu menguasai bahasa Inggris dan Jepang. Sampai-sampai kala itu, gajinya sebesar 50 ribu ia gunakan untuk membeli kamus. Hal inilah yang membawanya untuk lihai dalam berkomunikasi dengan para tamu dan keluarganya. Kemampuannya tersebut juga mempertemukannya dengan Nobuyuki Kakizaki. Pada awalnya mereka hanya berteman dan akhirnya mereka saling berwirausaha. Pemilik perusahaan konveksi asal Jepang menawarinya sebuah pekerjaan baru untuk memasok tas kulit. Akhirnya pada tahun 2000 Sunny keluar dari pekerjaannya sebagai satpam dan mulai menggeluti bisnis pembuatan tas kulit bersama rekannya.

Pasaran Tas Robita di Jepang

Awalnya ia jatuh bangun untuk membangun bisnis tersebut. Namun ini tak mampu membuat Sunny hengkang dari niat awalnya untuk membangun usaha ini. Sampai akhirnya tas yang ia produksi diterima oleh orang Jepang. Pesanan yang mulai berdatangan meskipun hanya sedikit pada awalnya. Namun pesanan tersebut meningkat seiring berjalannya waktu.

Pada tahun 2003 Sunny mampu memproduksi 100 hingga 200an tas perbulan yang ia kirim ke Jepang. Tas Robita mampu menyuplai kebutuhan tas sampai 5000 tas perbulannya. Untuk deskripsinya sendiri, tas Robita bukanlah merk sembarangan. Tas ini termasuk tas dari kalangan sosialitas. Untuk satu tas bisa dibandrol hingga 4 juta rupiah. Jika hitungan kasar saja tas Robita mampu meraup hingga 10 Milyar keuntungan setiap bulannya.

Hal inilah yang bisa menginspirasi anda. bahwa kesuksesan memang harus ditekuni, tidak masalah dari nol maupun dari nominal lainnya. Yang terpenting adalah niat dan usaha anda untuk melakukan yang terbaik. Jangan sampai hilang arah dan tujuan. Selalu bulatkan tekad sebelum anda merasa tidak yakin dengan usaha yang anda bangun. Tetap semangat dan cari peluang terbaik anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *