Keuangan Negara: Peran Wirausahawan Sosial (dan UKM) dalam Keuangan Negara

Banyak masalah pegangguran yang kerap terdengar ditelingan kita saat ini. Inilah masalah besar yang sampai saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat juga pemerintah. Nah dalam penyelesaiannya sampai saat ini pemerintah tetap berusaha untuk menggiatkan kewirausahaan di masyarakat luas.

Bagaimanapun juga wirausaha dapat membantu perkembangan ekonomi suatu negara, yang berarti membantu kelancaran perputaran keuangan di Indonesia. Lalu apa sajakah penjelasan secara lengkap atas peran para pelaku kewirausahaan dalam perputaran ekonomi di Indonesia?

  1. Pemutar Roda Ekonomi

  2. roda-ekonomi
    Sebagai pelaku wirausaha tentunya anda akan memiliki berbagai transaksi penjualan serta pembelian. Nah pastinya transaksi tersebut akan berhubungan dengan perusahaan serta pelaku usaha lainnya. Inilah sistem yang akan membuat suatu keberlangsungan siklus.

    Tentunya jika banyak usaha yang bergerak akan membuat roda perekonomian Indonesia berputar dengan sendirinya. Jika roda perekonomian sudah berputar dengan baik tentunya akan membantu keadaan perniagaan di suatu negara bukan? Dalam situasi ini keadaan ekonomi Indonesia akan berstatus aman.

  3. Lapangan pekerjaan

  4. lapangan-kerja
    Beberapa tahun ini banyak kita dengar mengenai kurangnya lahan pekerjaan bagi lulusan sekolah kejuruan ataupun sekolah tinggi. Inilah yang membuat pemerintah giat dalam mendukung aneka wirausaha maupun UKM untuk menghidupkan banyak lowongan pekerjaan.

    Seperti yang kita ketahui bahwa masih banyak masyarakat kita yang lebih tertarik untuk menjadi karyawan untuk bekerja kepada orang lain. Nah jika keadaan ini bisa berbalik, jika banyak masyarakat kita yang membuat bisnis mereka sendiri tentunya akan menciptakan suatu keadaan baru.

    Dengan adanya lapangan pekerjaan yang diciptakan oleh para wirausahawan saat ini tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat, sehingga dengan terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat akan memperbaiki siklus perekonomian juga membantu untuk mengurangi tingkat kriminalitas yang ada di masyarakat.

  5. Pembayar Pajak Negara

  6. pajak
    Wirausahawan juga menjadi salah satu pencetak pajak untuk pemerintah. Di Indonesia banyak sekali pajak yang harus dibayarkan mulai dari pajak penghasilan, pajak penjualan dan lain sebagainya. Pajak sendiri juga bermanfaat bagi pembangunan sutau negara, akan semakin besar peluang untuk membangun infrastruktur yang ada disini.

    Namun sayangnya, sampai sekarang para pelaku usaha masih memiliki banyak tanggungan. Akan lebih baik lagi jika pemerintah memperbaiki sistem pajak yang ada untuk mempermudah dan membuat pelaku usaha tidak merasa terbebani. Sehingga animo masyarakat untuk menciptakan usaha sendiri semakin meningkat dan bertambah. Jelasnya pemerintah akan sangat terbantu jika iklim usaha di Indonesia membaik.

  7. Penghasil devisa

  8. income
    Saat ini banyak pelaku usaha kita yang bisa masuk ke kancah internasional, tentunya akan menguntungkan pemerintah karena memberikan pemasukan kepada negara. Hal ini sangat baik mengingat penambahan cadangan devisa baik untuk Indonesia.

    Menyambut masyarakat ekonomi asean, tentunya banyak hal yang berlalu- lalang dipikiran anda. akan banyak orang asing yang akan masuk ke Indonesia, begitupun sebaliknya akan banyak masyarakat kita yang keluar negeri. Semuanya bisa membawa keuntungan jika pemerintah jeli akan peluang yang ada.

    Karena itu untuk mengembangkan kesempatan yang ada, pemerintah harus mendukung segala aktivitas usaha yang ada di Indonesia dengan cara membuka lebar perizinan dalam membuat suatu usaha.

Itulah keempat fungsi besar yang dibawa oleh wirausahawan terhadap negara. Semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk segera membuat bisnis anda sendiri. jangan sampai ketinggalan untuk mencari segala peluang dan kesempatan yang ada untuk membangun kerjaan bisnis anda. salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *