Kenapa Peminjam Dana Butuh Endorser?

Kalau kamu pernah daftar beasiswa ke pendidikan yang lebih tinggi, pasti tahu kalau salah satu syarat dokumennya adalah surat referensi. Surat referensi digunakan oleh instansi yang kamu lamar sebagai suatu ‘jaminan’ bahwa kamu akan serius dengan studimu. Nah, secara surat referensi engga bisa dibikin dengan main-main, kamu akan mencari seseorang yang kredibel dan sangat memahami kinerja kamu selama ini.

Hampir sama dengan surat referensi, Gandengtangan menetapkan syarat endorsement sebagai salah satu kriteria untuk me-launching project. Sebagaimana bisa kamu baca di halaman FAQ, Endorser (Pendukung) adalah pihak yang tidak memiliki kepentingan apa pun terhadap Peminjam dan mau memberikan pendapat dan rekomendasi mengenai usaha dan kepribadian dari Peminjam.

Pada dasarnya, Endorser menjadi bukti bahwa usaha yang kamu kerjakan saat ini telah cukup dikenal dan memberikan manfaat bagi kelompok sasaran. Jika seseorang saja mau menjaminkan nama dan organisasinya untuk usahamu, artinya usahamu layak untuk didukung oleh Gandengtangan.

Lebih lanjut, kriteria Endorser yang tepat adalah: Endorser (Pendukung) bisa siapa saja, asalkan tidak ada hubungan keluarga ataupun hubungan kepentingan bisnis/finansial dengan Peminjam, misalnya karyawan, pemegang saham lain, atau partner.

Endorser bisa berbentuk individu ataupun institusi. Mulai dari NGOs, korporasi, dinas pemerintah, asosiasi, perkumpulan, UKM lain, supplier, bahkan kompetitor sekalipun.

Masih bingung untuk menentukan siapa Endorser-mu? Coba lihat beberapa contoh dibawah ini:

Pernah Bekerjasama Denganmu secara Langsung

Endorser bukanlah seseorang yang bekerja denganmu spesifik pada proyek yang ingin kamu danai lewat Gandengtangan, tetapi Endorser ini telah ‘merasakan’ pengalaman bekerja denganmu. Misalnya, mantan bosmu di tempat kerja sebelumnya, orang dengan posisi tertentu yang kamu kenal baik di lingkungan proyekmu, dan sebagainya.

Berasal dari Lembaga yang Kredibel

Untuk bisa menjadi Endorser, idealnya seseorang memiliki pengalaman bekerja di bidang yang sedang kamu tekuni – atau setidaknya memiliki pengalaman bisnis. Dengan demikian, akan lebih mudah untukmu meminta referensi. Lebih baik lagi jika dia merupakan anggota dari sebuah instansi atau organisasi yang sudah sangat dikenal di masyarakat. Hal ini akan meningkatkan keyakinan pemberi pinjaman untuk mendanai proyekmu.

Memiliki Waktu Luang untuk Melakukan Pengamatan terhadap Proyekmu

Ada seseorang yang telah memenuhi dua kriteria diatas, tapi sepertinya dia sibuk sekali. Kalau kamu punya kandidat lain yang sedikit lebih luang, kamu harus mempertimbangkannya. Pertama, pihak Gandengtangan akan menghubungi Endorser-mu untuk memberikan keterangan yang dibutuhkan tentang proyekmu. Kedua, kamu dan Endorser-mu sebaiknya punya waktu untuk mendiskusikan tentang kemajuan proyekmu. Hal ini juga menunjukkan tanggung jawab dan rasa terima kasihmu karena ia telah menjaminkan namanya untuk proyekmu.

Jika kamu telah menjalankan usahamu selama beberapa waktu, seharusnya kamu punya beberapa nama calon Endorser yang kamu pikirkan. Jangan lupa untuk menjelaskan secara terperinci mengenai proyekmu ya, agar dia memahami kenapa dia harus mendukungmu. Selamat mencari Endorser!

“Saya sudah lama mengetahui kualitas kerja Pak Dedy. Kami sering bertukar ilmu, dan untuk beberapa hal dia bahkan lebih handal daripada saya. Oleh karena itu, saya tidak ragu memberikan jaminan bahwa dia akan bisa berhasil dengan bantuan dari Gandengtangan.”
– Bu Rini Wulandari, Endorser untuk Aquatic Tropish Farm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *