Kenapa Lebih Cepat Memberi Pinjaman Itu Penting Bagi Wirausaha Sosial?

image-for-cepat-lebih-baik

 

“Nanti aja deh ngasih pinjemannya, kan masih lama waktunya,” pasti pikiran seperti itu pernah terbersit ketika kamu hendak memberi pinjaman melalui crowdlending. Pikiran seperti itu bisa muncul karena selain jumlah nominal yang akan kita pinjamkan, faktor waktu pengumpulan pinjaman menjadi pertimbangan penting. Ketika waktu pengumpulan pinjaman masih panjang maka kita cenderung menunda-nunda.

Bukannya yang penting proyeknya terdanai ya? Mau terdanai di akhir atau di awal kan tidak masalah. Hmmm…tunggu dulu, melalui tulisan ini kita ingin berbagi dan mengajak diskusi mengapa proyek yang terdanai di awal akan membawa manfaat yang lebih cepat.

Pepatah lama mengatakan “the sooner the better” alias “lebih cepat lebih baik”. Nah, ternyata pepatah ini juga berlaku dalam sebuah proyek crowdlending lho. Proyek yang terdanai di awal-awal waktu penggalangan pinjaman punya beberapa kelebihan. Maka memberi pinjaman di awal adalah langka nyata mendorong terwujudnya kelebihan-kelebihan tersebut.

Apa saja kelebihan yang bisa terjadi dengan memberi pinjaman di awal waktu penggalangan pinjaman? Mari kita simak bersama!

Lebih Cepat Terdanai, Lebih Cepat Memberi Manfaat

Bayangkan jika sebuah proyek waktu penggalangan dananya 6 minggu, lantas di minggu ketiga sudah terdanai, apa efek yang terjadi? Satu yang utama adalah si wirausaha sosial bisa memanfaatkan waktu tiga minggu setelah terdanai untuk langsung mengembangkan proyeknya.

Kenapa itu jadi penting? Sebab wirausaha sosial punya manfaat langsung di masyarakat. Ketika proyeknya lebih cepat terdanai juga berarti lebih cepat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Jadi, kalau kamu melihat sebuah proyek waktu penggalangan pinjamannya masih lama bukan lantas menunda memberi pinjaman. Kecepatanmu memberi pinjaman berbanding lurus dengan kecepatan yang bisa wirausaha sosial lakukan untuk masyarakat sekitar.

Berani Memulai

berani-memulai

Berapa banyak orang yang berpikir untuk memberi pinjaman ketika waktu penggalangan pinjaman sebentar lagi? Banyak sekali. Akibatnya apa? Akibatnya adalah sampai di akhir masa penggalangan sebuah proyek kadang belum mendekati jumlah yang dibutuhkan untuk terdanai. Ketika itu terjadi justru banyak yang mengurungkan niat memberikan pinjaman.

Untuk mengubahnya, caranya sederhana. Caranya adalah dengan berani menjadi orang yang memulai. Berani memberikan pinjaman di awal-awal masa penggalangan. Ketika sebuah proyek mulai menunjukkan perkembangan jumlah pinjaman sejak awal masa penggalangan, akan mendorong banyak orang memberikan pinjaman.

Memberi Contoh dan Pengalaman Langsung

Pasti kamu sering ditanya teman ketika mengajaknya membantu sebuah proyek. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah, “Gimana caranya?”. Pertanyaan itu terkesan simpel tapi penting. Ketika kamu tidak bisa menjawab dengan sederhana pertanyaan tersebut maka kemungkinan temanmu membantu sebuah proyek akan menurun.

Salah satu cara efektif untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan memberikan contoh langsung. Memberikan pinjaman di awal ke sebuah proyek akan punya dua manfaat. Pertama, kamu bisa langsung memberikan contoh nyata bahwa kamu telah memberikan pinjaman. Kedua, kamu memiliki pengalaman mengenai cara memberikan pinjaman. Pengalaman itu membuatmu bisa menjelaskan kepada temanmu bila ia menemui kesulitan saat memberi pinjaman.

Terlambat Memberikan Pinjaman

late

Menunda-nunda memberikan pinjaman punya dua akibat langsung. Pertama, kamu kelupaan dan waktu penggalangan pinjaman sudah lewat. Kedua, proyeknya sudah lebih dulu terdanai. Dua hal itu tentu akan membuatmu kehilangan kesempatan gandeng tangan dengan wirausaha sosial melakukan perubahan.

Ada dua cara untuk mencegah agar kamu tidak ketinggalan memberikan pinjaman. Pertama, mencatat tanggal penggalangan pinjaman dan waktu kamu akan memberi pinjaman. Tips sederhananya kamu bisa catat dan mengatur pengingat di telepon selulermu. Kedua, tentu saja memberikan pinjaman di awal.

Setelah membaca kelebihan memberikan pinjaman di awal kini coba cek proyek yang ingin kamu beri pinjaman. Waktu penggalangannya mungkin masih lama, tapi tak perlu ragu mulai memberikan pinjaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *