Kenapa Harus Bantu Kelompok Wanita Tani?

Pak Ilham punya mimpi besar untuk memberdayakan para perempuan di daerahnya agar bisa hidup mandiri. Tapi mimpinya masih belum bisa terealisasikan sepenuhnya karena beberapa hal.

Kamu bisa ikut membantu Pak Ilham untuk mewujudkan mimpinya. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus membantu beliau. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Menambah penghasilan keluarga petani

Para suami dari anggota Kelompok Wanita Tani umumnya berprofesi sebagai buruh tani. Yang artinya mereka tidak menggarap tanah mereka sendiri, melainkan tanah orang lain. Penghasilan yang didapat juga masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan terdanainya Kelompok Usaha Tani, diharapkan para ibu mampu membantu perekonomian keluarga dan mampu hidup mandiri dari pekarangan rumahnya.

Membantu pembelian bibit

Para ibu istri buruh tani di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, memiliki semangat yang besar untuk hidup mandiri. Mereka punya kemauan untuk membantu hidup keluarga mereka dengan memanfaatkan pekarangan mereka sebagai ladang yang produktif. Tapi saat ini semangat para ibu tersebut belum mampu terealisasikan 100 % karena permasalahan bibit. Setiap panen, tentunya tanah harus ditanam kembali agar tetap produktif. Harga bibit yang mahal membuat langkah mereka tersendat dalam bercocok tanam.

Salah satu tujuan peminjaman Kelompok Usaha Tani adalah pembelian bibit. Dengan tersedianya bibit berbagai macam sayuran, para ibu istri buruh tani akan lebih produktif lagi dalam menggarap lahannya.

Membuat para ibu menjadi mandiri

Para ibu anggota Kelompok Wanita Tani tidak hanya melakukan kegiatan bercocok tanam. Tapi juga melakuan beberapa pelatihan keterampilan.

“Kami juga mengadakan keterampilan budidaya sayur, pembuatan makanan lokal, makanan organik, budidaya ternak dan pemeliharaan ikan air tawar,” jelas Pak Ilham kepada GandengTangan.

Menambah jangkauan Kelompok Wanita Tani dalam membantu banyak orang

Pak Ilham tentu ingin membantu banyak orang dengan Kelompok Wanita Tani. Ia memiliki keinginan memperluas jangkauan Kelompok Usaha Tani di beberapa desa atau daerah lain.

“Ketika sudah terdanai kami harapkan setiap kegiatan yang kita lakukan bisa berkesinambungan. Kami bisa menciptakan kader-kader yang bisa menciptakan kegiatan di lain tempat,” jelasnya.

Dengan memperluas jangkauan Kelompok Wanita Tani, maka akan semakin banyak pula keluarga petani yang terbantu perekonomiannya.

Pak Ilham sudah bergerak untuk membantu sesamanya dengan memberdayakan ibu-ibu keluarga petani. Sekerang giliran kamu yang bergerak untuk membantu para ibu tersebut dengan memberikan pinjaman di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *