Kementrian Keuangan Turut Mendukung Wirausahawan Sosial

Kewirausahaan sosial memiliki ruang tersendiri di masyarakat saat ini. Menjamurnya model usaha sosial saat ini membuat usaha sosial tumbuh pesat. Bagaimanapun juga prinsip dari usaha sosial adalah mencari profit atau keuntungan namun dengan tetap berprinsip untuk menyebarkan efek baik bagi lingkungan. Jadi ketika kita berbicara mengenai kewirausahaan sosial, berarti kita sedang berbicara mengenai kreativitas dan inovasi baru yang bernilai bagi individu dan orang di sekitarnya. Hal ini membawa dampak baik bagi lingkungan sekitar dan juga membantu pemerintah untuk mengentaskan jumlah masyarakat yang tidak berpenghasilan. Menurut prosesnya kewirausahaan sosial membentuk suatu bisnis yang memanfaaatkan sumber daya alam maupun sumber daya sosial di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, penggunaan hal di atas dapat mendorong stabilitas perekonomian di wilayah tersebut. Konsep utama dari sebuah kewirausahaan sosial lebih menitikberatkan pada aksi sosial yang dapat membawa pengaruh untuk lingkungan.

Nah, inilah yang dimaksud saling bersinergi. Ketika seorang pelaku usaha menciptakan suatu usaha untuk mendapatkan keuntungan sekaligus menciptakan siklus ekonomi yang membantu masyarakat sekitar tentunya akan membuat alur di daerah tersebut membaik. Bayangkan jika setiap daerah memiliki sistem kwirausahaan yang baik, tentunya akan sangat menciptakan stabilitas bagi semua orang di negara tersebut. Ketika stabilitas perekonomian di suatu negara baik tentunya akan mempengaruhi hal-hal lain di dalamnya, seperti tingkat kualitas pendidikan sampai kesejahteraan setiap penduduk yang ada. Karena itulah pemerintah melalui kementrian keuangan mulai gencar-gencarnya dalam mendukung segala aktivitas yang berhubungan dengan kewirausahaan. Dan inilah yang kita harap bisa menjadi pintu pembuka segala kemudahan dari pihak pemerintah dalam proses pembangunan usaha. Banyak dari kalangan pelaku usaha yang merasa dipersulit ketika memproses kepengurusan usaha. Namun, saat ini semua proses diharapkan sudah jelas dan memiliki transparansi yang jelas sehingga bisa mempermudah segala tingkat masyarakat.

Banyak sekali contoh dari kewirausahaan sosial yang berada di masyarakat saat ini. Misalnya seorang pengusaha susu kambing, ia juga memiliki peternakan kambing yang diolah oleh tetangga-tetangga sekitarnya. Mulai dari pemerahan susu, merawat kambing yang ada sampai pengurusan kandang. Nah dalam usaha ini, ia tidak hanya memberikan gaji kepada para pekerjanya, ia juga membuat suatu sistem koperasi yang akan diolah oleh karyawan itu sendiri. selanjutnya diharapkan koperasi tersebut akan membawa efek kepada daerah tersebut. Inilah titik dampak sosial yang diciptakan oleh usaha susu kambing tersebut. Semakin lama semakin besar, bukan hanya para karyawan yang bekerja di peternakan susu saja yang bisa mendapatkan fasilitas koperasi tersebut. Dengan begitu akan tercipta suatu siklus yang otomatis membangun perbaikan perekonomian. Jadi bagaimana, tertarik untuk mebnagun usaha sosial anda?

Contoh diatas termasuk salah satu usaha yang dapat membawa dampak sosial, karena itu usaha susu kambing tersebut bisa termasuk golongan kewirausahaan sosial. Bagi anda yang ingin membnagun usaha sosial anda sendiri, jangan ragu dan khawatir akan respon dan hasil yang diperoleh. Untung dan rugi tidak bisa diprediksikan di depan, anda hanya bisa mengusahakan yang terbaik. Jangan lupa untuk memberikan usaha terbaik dan jangan menyerah. Tetap semangat dan yakinkan niat kalau anda ingin membangun usaha yang bisa membantu masyarakat di sekitar anda. Dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk melakukans segala kegiatan kedepannya. Salam suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *