Peran Kemensos dalam Wirausahawan Sosial di Indonesia (Koperasi)

Memang sudah bukan saatnya lagi untuk berusaha sendirian untuk mencapai hasil terbaik. Inilah yang dinamakan superteam era, dimana banyak orang akan bersinergi untuk mencapai hasil yang diinginkan bersama-sama. Hal ini juga menjadi landasan bagi koperasi di Indonesia untuk menciptakan gaung besar di masyarakat dalam hal pengembangan ekonomi yang semakin terarah. Saat ini sudah banyak kita temui segala bentuk koperasi di sekitar kita. Tentunya sangat menggembirakan jika kita menelisik kembali jumlah koperasi yang telah ada, jumlah anggota yang tedaftar dan juga total aktiva yang dikumpulkan. Nah inilah yang menjadi bahan pertimbangan pemerintah untuk tetap mendukung dan mensosialisasikan koperasi yang baik untuk menstabilkan perekonomian di negara ini.

Namun sayangnya, perkembangan jumlah koperasi di Indonesia kurang diimbangi dengan kualitas koperasi yang ada. Saat ini masih banyak koperasi yang belum bisa berdiri sendiri dan menyejahterakan anggotanya. Padahal seharusnya sebuah koperasi haruslah memiliki beberapa hal dibawah ini sesuai dengan tujuan dan visi misinya. Simak dibawah ini:

Pertama, koperasi haruslah memiliki kemampuan untuk ikut mendorong kualitas dan kesejahteraan anggotanya melalui pendapatan yang berhasil dikumpulkan.

Kedua, peran penting koperasi di Indonesia paling tidak dapat anda lihat sebagai penyerap tenaga kerja terbesar

Ketiga, koperasi juga memiliki tugas penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat melalui penciptaan ankea pasar terbaru dan sumber inovasi di Indonesia.

Nah itulah yang harus menjadi tujuan pembentukan setiap koperasi. Saat ini pun koperasi sudah menjadi fokus pembicaraan pemerintah khususnya kementrian sosial di Indonesia. Pemerintah sadar akan efek besar yang bisa dihasilkan oleh koperasi untuk meningkatkan pencapaian tujuan di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial lainnya. Pihak kementrian sosial juga mengusahakan untuk tetap menjunjung nilai dari Undang – Undang Dasar 1945 tentang hak dari Koperasi untuk memperoleh tempat untuk hidup dan berkembang di Indonesia. Inilah yang menjadi titik perhatian utama untuk selalu mencari jalan keluar untuk perkembangan Koperasi di Indonesia. Peran pemerintah sebagi mediator antara pihak masyarakat umum dan koperasi itu sendiri haruslah seimbang.

Memegang peranan sebagai pihak ketiga membuat pemerintah melakukan upaya-upaya untuk membangun Koperasi Indonesia agar semakin berkembang. Salah satu caranya adalah melalui sosialisasi yang memberikan informasi dan pengetahuan lebih lanjut mengenai koperasi seperti: apa yang dimaksud dengan koperasi? Bagaimana cara kerjanya? Apa yang bisa mereka dapatkan melalui koperasi? Melalui penjelasan singkat dan jelas dari pihak-pihak yang berwenang tentunya akan menciptakan keramaian pasar yang mengarahkan masyarakat umum untuk menggunakan dan bergabung dengan koperasi. Menggunakan koperasi sendiri merupakan perwujudan dan stabilnya perekonomian dalam negeri. Semakin baik dan berkembangnya suatu koperasi dilihat dari SHU yang telah dikumpulkan tentunya akan semakin baik pula keadaan ekonomi di lingkungan tersebut.

Jadi bagaimana, apakah anda salah satu pengguna koperasi? Semoga artikel ini dapat memberikan anda inspirasi dan penetahuan baru dalam hal Koperasi di Indonesia. Jangan lupa untuk turut serta dalam melakukan penyampaian kepada masayrakat luas tentang kelebihan mengikuti koperasi untuk pengembangan keadaan perekonomian pribadi dan juga keamanan jaminan keuangan. Jika anda masih memiliki pertanyaan seputar koperasi jangan ragu untuk menanyakannya kepada pihak yang anda yakini mnegerti dan memahami siklus dan proses dari koperasi. Tetap semangat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *