Investasi Sambil Bantu Orang Lain? Ini Dia Impact investing!

Impact investing merupakan investasi yang tidak hanya dilakukan untuk meningkatkan kekayaan pribadi tetapi juga dimaksudkan untuk memberikan dampak sosial bagi sekitar. Investasi jenis ini bisa dibilang baru mengingat belum banyak warga Indonesia yang meliriknya. Kebanyakan orang lebih mengenal investasi saham, reksa dana, deposito, obligasi, atau emas dan properti.

Impact investing atau investasi berdampak ini memiliki dua karakter utama. Pertama, intensional. Maksudnya para investor berniat untuk memberikan dampak sosial yang positif di masyarakat. Para investor ini menginvestasikan kekayaannya ke usaha atau bisnis rakyat kecil yang membutuhkan modal. Kedua, investasi dengan return ekspektasi. Sama seperti investasi yang lain, impact investing juga mengharapkan adanya keuntungan yaitu dari laba atas modal yang ia investasikan, atau setidaknya pengembalian modal.

Pertumbuhan impact investing diprediksi dapat menjawab tantangan dunia di sektor ekonomi. Impact investing mendobrak pandangan lama yang berpendapat bahwa masalah sosial hanya menggantungkan diri dari kebaikan hati derwaman dan investasi hanya fokus pada pencapaian finansial mapan. Alhasil, berderma sekaligus mengumpulkan pundi-pundi uang bisa dilakukan dalam waktu bersamaan dan kedua belah pihak merasa diuntungkan.

Impact investing jadi solusi masalah akses pembiayaan umkm.

Semakin banyak investor, artinya semakin banyak pemodal. Hal ini bisa mendorong lahirnya banyak wirausahawan lokal. Semakin banyak pengusaha yang tersebar di berbagai daerah akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Secara tidak langsung, impact investing yang memberdayakan masyarakat ini turut menjalankan roda perekonomian negara.

Salah satu contoh impact investing ini bisa dilihat dari progaram peer to peer lending yang berbasis online. Melalui platform khusus, calon investor dan calon peminjam bertemu. Calon peminjam yang merupakan pemilik bisnis akan mendapatkan pinjaman modal dari investor. Pada batas waktu yang telah disepakati, si peminjam akan mengembalikan modal sekaligus memberikan sebagian dari keuntungan bisnisnya pada sang investor. Kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Impact investing menyadarkan kepada kita bahwa manusia memiliki ketergantungan terhadap satu sama lain. Masa depan yang lebih baik bisa dicapai jika kita saling melengkapi. Sebagai investor maupun pengusaha, kita adalah manusia yang sama-sama memiliki tanggung jawab moral akan keberlangsungan hidup di muka bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *