Apa Saja Keuntungan dari Investasi Saham?

Saat ini peminatan terhadap investasi sudah mulai naik. Ini mengindikasikan bahwa tingkat kepedulian serta pengetahuan masyarakat sudah mulai berkembang. Mereka sudah mulai menggunakan aneka jenis investasi mulai dari investasi properti, saham, emas dan lain sebagainya. Masyarakat sudah mulai memahami bahwa mengeluarkan dana di setiap bulannya pada saat muda akan sangat mempengaruhi kehidupan sosial kedepannya. Nah, yang paling diminati oleh masyarakat adalah investasi saham. Untuk investasi saham, apa sajakah manfaat yang bisa anda dapatkan? Simak berikut ini.

  1. Tabungan jangka panjang

  2. longterm
    Melalui investasi saham, anda bisa mendapatkan rasa nyaman untuk masa depan. Selain itu investasi melalui saham bisa dijadikan sebagai pengaman segala rencana-rencana anda di masa depan. Melalui investasi saham anda bisa memiliki tabungan untuk masa depan anda. Segala keuntungan yang anda peroleh bisa anda gunakan sebagai cadangan dana di masa depan. Untuk jangka waktu pemilihan investasi jenis saham, anda mempunyai fleksibilitas tinggi untuk memilih produk yang memudahkan anda. Tentunya anda harus memilih produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

  3. Memiliki capital gain

  4. capital gain
    Maksud dari capital gain adalah selisih dari harga saham harga jual, yang tentunya dimana harga jual lebih tinggi daripada harga beli. Misalnya ketika anda membeli suatu saham dengan harga 1000 rupiah, lalu anda menjualnya dengan harga 2000 rupiah. Maka capital gain yang anda dapatkan berkisar 1000 rupiah bukan. Nah seperti inilah alur keuntungan dari investasi saham. Namun kebanyakan mereka yang menggunakan capital gain sebagai keuntungan utama merupakan golongan orang yang memiliki orientasi jangka pendek. Mereka hanya berpikir bagaimana menjual saham dengan harga tinggi dalam waktu yang singkat. Jika ia membeli saham pada pagi hari kemudian terdapat kenaikan di siang harinya, ia tidak akan ragu untuk menjualnya.

    Namun di lain sisi, hal ini juga berpeluang untuk memberikan capital loss. Hal ini tentunya akan merugikan anda, misalnya anda membeli saham dengan harga 1000 rupiah lalu saham tersebut hanya laku senilai 700 rupiah. Anda memiliki capital loss senilai 300 rupiah. Jadi pastikan anda memiliki perhitungan yang baik ketika akan menjual dan membeli saham.

  5. Mendapatkan deviden

  6. dividen
    Dalam suatu perusahaan saham tentunya akan diadakan RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Nah, dalam RUPS inilah akan dibagikan sejumlah keuntungan yang didapatkan setelah digunakan untuk pengembangan perusahaan. Terdapat dua jenis dividen, yang pertama berupa dividen stok atau penggantian keuntungan dengan menambahkannya langsung ke saham yang dimiliki. Atau bisa juga dalam bentuk uang tunai berdasarkan nilai saham yang ada. Tentunya akan menyesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan, akankah menggunakan sistem deviden stok, uang tunai atau malah tidak memberikan deviden karena alasan internal perusahaan yang belum mencukupi target profit yang ditentukan.

Jadi itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda menggunakan saham sebagai investasi tanda. Tentunya jangan lupa untuk memilih produk investasi saham yang paling cocok bagi anda. konsultasikan kepada pihak yang mengetahui lebih mengenai hal ini. Bagaimanapun juga dengan berkonsultasi anda bisa mengetahu investasi jenis apa yang paling anda butuhkan dan cocok dengan anda. dengan begitu, anda akan lebih mengerti dan tidak akan salah dalam mengambil keputusan. Jadi, bagaimana? sudahkah anda berkeinginan untuk memulai investasi di dunia saham? Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *