Ini 5 Manfaat Investasi P2P Lending bagi Anak Muda

Saat ini pembiayaan P2P Lending mulai marak di internet. Apa saja keuntungan yang bisa Anda petik sebagai investor? Inilah 5 manfaat utama yang bisa Anda peroleh.


Sebelum membahas tentang P2P Lending bagi pemula khususnya kaum muda, ada baiknya untuk mengetahui definisi P2P Lending ini terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan P2P Lending? Barangkali banyak di antara Anda yang belum mengetahui bahkan mendengarnya, padahal P2P Lending ini sedang populer di kalangan pebisnis maupun investor.

P2P Lending merupakan singkatan dari peer-to-peer lending yang menjadi alternatif pilihan pendanaan konvensional bagi UKM dan usaha kecil dari lembaga keuangan tradisional. Pembiayaan P2P Lending saat ini banyak diambil sebagai metode baru memperoleh modal usaha. Oleh karenanya, P2P lending ini dianggap dapat memberikan kontribusi keuntungan besar bagi UKM dan usaha kecil.

Lalu bagaimana keuntungannya dengan investor P2P Lending ini? Telah disinggung di atas bahwa manfaat tidak hanya diperoleh bagi pelaku bisnis UKM dan usaha kecil, melainkan juga bermanfaat bagi investor.

1. Pengembalian Investasi yang Cukup Tinggi dalam Periode yang Singkat

Setiap UKM dan usaha kecil memang mempunyai tingkat risiko dan return yang berbeda bagi investor. Pengembalian investasi biasanya juga akan semakin besar jika tingkat risikonya dari sebuah UKM semakin tinggi.

2. Investasi Fleksibel dan Hambatan Masuk yang rendah

Berbeda dengan investasi lain yang mensyaratkan berapa banyak jumlah investasi nya, investasi P2P lending lebih fleksibel dan hambatan masuk juga rendah. Sebagai investor di P2P Lending, Anda bisa memilih jumlah modal minimal dan waktu pengembalian dari daftar yang ada dalam platform sesuai kemampuan keuangan Anda.

3. Investor Bebas Memilih untuk Berinvestasi pada Bisnis atau Usaha Kecil Tertentu

Sebagai investor yang telah tergabung dalam suatu platform, Anda diberikan kebebasan untuk berinvestasi pada jenis bisnis UKM tertentu. Investasi P2P Lending juga bagus sebagai pembelajaran awal sebagai investor terkait perlunya melakukan diversifikasi.

4. Investor Mudah Memperluas Portofolio Investasinya

Jika Anda bertindak sebagai investor P2P Lending, Anda dapat memperluas portofolio investasi dengan cara mendistribusikan dana Anda pada beberapa peminjam. Diversifikasi ini pun dapat mengurangi risiko investasi Anda jika terjadi gagal bayar.

5. Investor turut Membantu Pertumbuhan UKM di Indonesia

Selain Anda dapat belajar sebagai investor, Anda juga turut mendukung dan membantu pertumbuhan dunia UMKM di Indonesia melalui platform P2P lending ini.

Nah, itulah 5 manfaat yang perlu Anda ketahui jika Anda menjadi investor P2P Lending. Apabila Anda ingin memulai investasi ini, kunjungi situs www.gandengtangan.org sebagai langkah awal. Anda dapat mulai mendaftar sebagai investor dan mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *