Ini 5 ALasan Mengapa Investasi P2P Lending Kian Diminati Investor

Mau coba investasi online? Bingung tentukan pilihan? Ini keunggulan investasi P2P dibanding investasi lainnya!


Investasi P2P Lending merupakan salah satu alternatif bagi para pebisnis dan investor yang hendak menginvestasikan modal. Investasi online ini menggunakan prinsip pengumpulan dana dari masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu atau disebut crowdfunding. P2P Lending tidak hanya menguntungkan investor, melainkan juga membantu usaha mikro untuk berkembang.

Lantas, apa saja sebenarnya alasan investasi Peer to Peer (P2P) Lending begitu disukai investor? Berikut urainnya.

1. Risiko Rendah

Dibandingkan dengan investasi jenis lainnya, P2P Lending memiliki risiko yang lebih rendah. Meskipun terjadi kasus peminjam terlambat melunasi pembayaran, dana yang Anda miliki tetap aman. Pasalnya, sebagian besar penyedia layanan P2P Lending telah melakukan pencegahan untuk meminimalkan risiko. Salah satu caranya adalah dengan uji kelayakan terhadap calon peminjam.

Uji kelayakan ini dilakukan secara ketat, mulai dari pemeriksaan data, riwayat kredit, hingga verifikasi alamat calon peminjam. Langkah ini terbukti efektif untuk mencegah terjadinya default pinjaman (gagal melakukan pembayaran).

2. Profit Tinggi

Tingkat keuntungan yang tinggi menjadi salah satu alasan investasi online P2P Lending disukai investor. Maklum saja, return yang ditawarkan investasi Peer to Peer Lending sangat menggiurkan.

Besaran bunga antara platform P2P Lending yang satu dengan yang lainnya berbeda. Namun, rata-rata menawarkan bunga mulai dari 18% hingga 25% per tahun. Bunga ini jauh lebih tinggi dibandingkan bunga deposito maupun reksadana yang hanya mencapai kisaran 8% per tahun. Dengan modal yang sama, Anda bisa mendapatkan return dua kali lipat lebih banyak.

3. Pengembalian Setiap Bulan

Berbeda dengan investasi jenis lainnya, investasi P2P Lending memberikan kemudahan bagi Anda untuk menarik bunga setiap bulan. Anda tak perlu menunggu selama berbulan-bulan. Pasalnya, pinjaman yang Anda berikan akan dibayar oleh peminjam sesuai dengan kesepakatan.

Misalnya, Anda menginvestasikan uang sebesar Rp15.000.000,00 dengan durasi pinjaman selama 48 minggu. Total pengembalian investasi Anda selama kurun waktu satu tahun berjumlah Rp17.340.000,00. Dana tersebut akan dibayarkan secara berkala setiap bulan hingga masa pinjaman berakhir.

4. Praktis

Mulai dari proses pendaftaran, penyerahan dokumen, pendanaan hingga penarikan semua dilakukan secara online. Anda tak perlu melakukan tatap muka ataupun meninggalkan ruangan. Hanya dengan klik saja, semuanya beres. Sangat praktis, bukan? Hal inilah yang menjadi daya tarik P2P Lending bagi investor.

5. Fleksibel

P2P Lending termasuk jenis investasi online yang fleksibel. Anda bebas memilih durasi pinjaman, mulai dari skala mingguan hingga tahunan. Semakin lama masa pinjam maka semakin besar pula pengembalian investasi Anda.

Dengan melakukan pembiayaan terhadap usaha mikro berkualitas, kesempatan Anda untuk mendapatkan tawaran investasi dengan profit tinggi semakin lebar. Hal ini sekaligus menambah rekam jejak Anda di dunia investasi.

Bagi Anda yang tertarik untuk investasi P2P Lending, jangan ragu untuk bergabung dengan GandengTangan. Hanya dengan Rp50.000,00 saja, Anda turut berkontribusi memberdayakan usaha kecil. Dapat untung, dapat pahala!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *