Ini 3 Cara Jitu Mengelola Gaji untuk Investasi

Cara jitu mengelola gaji agar Anda dapat melakukan investasi memang tidak mudah dilakukan , tetapi bukan berarti tidak mungkin bagi Anda.

Cara mengelola gaji untuk berinvestasi memang diperlukan trik tersendiri agar Anda tidak mengalami defisit keuangan. Apalagi jika gaji Anda termasuk gaji UMR, tetapi bukan menjadi hambatan agar keuangan Anda bisa stabil meskipun kebutuhan hidup selalu meningkat.

Inilah beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan.

1. Menghemat Pengeluaran Sehari-hari

Bila Gaji Anda tidak mencukupi kebutuhan hidup Anda, Anda perlu menurunkan gaya hidup dan mempertimbangkan alternatif lain yang lebih sesuai. Alternatif ini seperti Anda bisa makan di rumah saja, dibandingkan harus mengeluarkan lebih banyak dana untuk makan di luar. Bisa juga Anda mencari alternatif cara untuk mengurangi biaya transportasi yang lebih murah ke kantor. Pemakaian pulsa pun bisa Anda batasi untuk menghemat pengeluaran sehari-hari.

2. Membuat Anggaran Pengeluaran secara Mendetail

Kebutuhan hidup setiap bulannya biasanya jumlahnya rata-rata tetap asalkan tidak ada emergensi atau kebutuhan mendadak yang harus dikeluarkan. Bila ada perbedaan, biasanya tidak terlalu jauh. Buatlah anggaran pengeluaran sehingga Anda bisa melihat pos pengeluaran yang bisa Anda batasi.

3. Membedakan antara Keinginan dan Kebutuhan

Untuk menghemat pengeluaran besar, Anda dapat dengan tegas membedakan antara barang-barang sehari-hari yang memang menjadi kebutuhan Anda atau sekadar barang yang Anda inginkan tetapi bukan kebutuhan utama Anda. Dengan demikian, Anda dapat berbelanja untuk kebutuhan yang memang perlu dan berhemat banyak setiap bulannya.

Nah, setelah melakukan penghematan dalam pembelanjaan uang gaji Anda dengan cara mengelola gaji, selanjutnya Anda bisa mulai melakukan investasi. Apabila Anda telah mampu melakukan penghematan dan dapat menyisihkan sebesar 20%, Anda dapat menggunakan sisa 20% dari gaji Anda untuk investasi. Dana ini bisa Anda investasikan pada instrumen investasi online yang saat ini banyak ditawarkan dalam sebuah platform yang jelas dan terdaftar dalam OJK.

Pilihlah investasi jangka pendek dalam jenis perusahaan Fintech seperti Gandengtangan.org. Sebuah platform yang menjembatani antara investor dan pemilik usaha kecil dan UMKM. Gandengtangan.org ini sangat sesuai bagi investor pemula dengan modal yang kecil dan bisa melakukan diversifikasi investasi pula. Dalam investasi jangka pendek, Anda pun dapat dengan cepat mencairkan dana investasi ini atau menginvestasikan kembali pada proyek UMKM lain.

Jika Anda tertarik untuk memulai langkah awal menjadi investor Peer to Peer Lending ini, silakan mengunjungi dan mendaftar di situs www.gandengtangan.org. Anda dapat mulai investasi segera sebagai investor pemula dan mendapatkan keuntungan cepat dengan mudah.

uk menerapkan cara mengelola gaji secara konsisten. Rencana investasi ini juga sebaiknya segera Anda eksekusi jika Anda telah mampu menyisihkan dana sebesar 20% dari gaji Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *